(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG DORONG SMP N 2 SINGARAJA SEBAGAI SEKOLAH DIGITAL

Admin disdikpora | 27 Desember 2023 | 965 kali

KADISDIKPORA BULELENG DORONG SMP N 2 SINGARAJA SEBAGAI SEKOLAH DIGITAL

Singaraja, Rabu 27 Desember 2023 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M. kali ini hadir di SMP N 2 Singaraja guna meresmikan aplikasi Sipenda dan Laboratorium Komputer, Rabu (27/12).


Lebih lanjut, Kadis Astika dalam sambutan dan arahannya menyampaikan apresiasi kepada SMP N 2 Singaraja terhadapan kerja keras sehingga aplikasi Sipenda dan Laboratorium Komputer bisa terwujud.


Transformasi digital pendidikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang peningkatan proses pembelajaran dan pengajaran. Dengan adanya transformasi digital, diharapkan terbukanya jendela baru bagi generasi mendatang untuk bisa mendapatkan akses pendidikan yang lebih luas dan bervariasi. 


“Transformasi Digital pendidikan mengacu pada penggunaan teknologi digital dan inovasi dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Saya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng mengajak seluruh stakeholder SMP N 2 Singaraja agar bersama - sama memanfaatkan digitalisasi menuju transformasi digital pendidikan.”pungkasnya.


Lebih Lanjut, salah satu manfaat dari adanya transformasi digital dibidang pendidikan adalah aksesibilitas yang lebih besar. Jika dahulu pendidikan hanya terbatas pada ruang kelas fisik dan buku-buku cetak, saat ini pendidikan justru dapat diakses melalui perangkat digital seperti komputer, tabloid, bahkan smartphone. Kemudahan dalam mengakses berbagai ilmu secara digital ini membuat banyak orang, khususnya generasi muda untuk dapat belajar di mana saja dan kapan saja tanpa terbatas oleh batasan geografi dan waktu. 


Tidak hanya itu, transformasi digital juga memberikan kesempatan bagi tenaga pendidik maupun siswa untuk mengakses sumber daya pendidikan yang lebih beragam dan terkini. Sebagai contoh yaitu siswa dapat menjelajahi jurnal ilmiah, buku-buku digital, video pembelajaran, dan masih banyak lagi. Mereka juga dapat belajar dari para ahli dibidangnya tanpa harus berada dalam tempat yang sama secara fisik.


Sementara itu, dari Laporan Plt. Kepala SMP N 2 Singaraja, Drs. Gede Ariyasa, M.Pd. menyampaikan bahwa peresmian Sipenda dan Laboratorium Komputer SMP N 2 Singaraja. Tahun 2024 merancang sekolah kami menjadi sekolah digital baik itu terkait dengan Numerasi dan Literasi untuk peserta didik bahkan untuk asesmen juga digital.


Seusai acara Kadisdikpora Buleleng melakukan penandatanganan prasasti serta melakukan pengguntingan pita sebagai tanda Sipenda dan Laboratorium Komputer diresmikan.