(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BULELENG JADI SASARAN STUDI REVIU METODE GASING BANK DUNIA

Admin disdikpora | 15 Maret 2024 | 1105 kali

BULELENG JADI SASARAN  STUDI REVIU METODE GASING BANK DUNIA 

Singaraja, Jumat 15 Maret 2024 l DISDIKTODAY 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., berkesempatan melihat studi reviu metode Gasing di SD N 1 Banyuasri, Jumat (15/3).


Kegiatan survey ini dilakukan  Bank Dunia Jakarta bekerjasama dengan Kemendikbudristek dengan  menunjuk Lembaga Penelitian SurveyMETER untuk meneliti reviu metode Gasing ( Gampang, Asyik dan Menyenangkan ) di Kabupaten Buleleng.


Tim dari SurveyMETER yakni Khoirul Mustangin, Mega Sugesti dan Anis Isti Rahayu Puspita Sari selama kurang lebih satu Minggu melakukan kunjungan disertai dengan wawancara bagi peserta didik yang telah menerima metode Gasing maupun bagi yang belum memperoleh.Buleleng menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia.


Sementara itu, tujuan utama untuk penelitian ini adalah untuk menilai pendekatan Gasing dalam pengajaran matematika di Indonesia dengan merinci karakteristik khusus dari metode tersebut dan mengeksplorasi dampaknya terhadap keterampilan berhitung siswa.Lebih lanjut, studi ini akan dilanjutkan sebagai studi kasus dan bukan sebagai evaluasi dampak.


Ada beberapa Satuan Pendidikan yang menjadi sasaran survey  diantaranya SD N 2 Lemukih, SD N 2 Silangjana, SD N 2 Sukasada, SD N 3 Banjar Jawa, SD N 1 Banyuasri, SD N 2 Kampung Baru, SD N 5 Banjar Jawa, dan SD N 4 Sangsit.


Lebih lanjut, Kadis Astika menyampaikan terima kasih kepada tim atas kunjungan di Kabupten Buleleng guna melakukan penelitian survey lapangan terhadap penerapan metode Gasing di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Buleleng.Pihaknya berharap tim bisa memperoleh data dan fakta terkait penerapan Gasing di Kabupaten Buleleng." Selama ini komitmen Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng untuk beberapa satuan pendidikan telah melaksanakan metode Gasing serta pengimbasan di sembilan kecamatan.Pada waktu pembentukan trainer yang diikuti oleh para guru, Pj. Bupati Buleleng bersama Sekretaris Daerah juga sempat mengunjungi dan menyaksikan siswa belajar dengan metode Gasing." ungkap Kadisdikpora Buleleng.


Perlu diketahui bersama bahwa hasil dari guru yang tergabung didalam trainer - trainer Gasing sampai saat ini sudah ada yang mengajar di luar Bali.Pengimbasan juga sudah menjalar ke sembilan Kecamatan, salah satu kecamatan yang secara penuh gurunya sudah belajar metode Gasing adalah kecamatan Gerokgak.


Dalam kegiatan turut hadir Kasi Kurikulum SD I Ketut Agus Susilawan, S.Pd, M.Pd., Kepala SD N 1 Banyuasri, Pande Made Ayu Sudarminingsih, S.Pd., M.Pd.