(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PROGRAM LSP “GEMA NASIONAL PENDIDIK INOVATIF”

Admin disdikpora | 09 Mei 2023 | 621 kali

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PROGRAM LSP “GEMA NASIONAL PENDIDIK INOVATIF”


SINGARAJA SELASA, 9 MEI 2023 | DISDIKTODAY


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Made Astika, S.Pd., M.M Menerima Koordinasi Teknis  Lighthouse School Program (LSP)  dalam persiapan Gema Nasional Pendidik Inovatif (GANAPATI) dari Sampoerna Foundation dan SMP N 8 Singaraja, rapat koordinasi dilaksanakan di ruang Rapat Kadisdikpora Buleleng (9/5/23).


Program ini mencakup kegiatan pengembangan profesional guru, kualitas manajemen sekolah, kapasitas siswa, dan pemberdayaan komunitas sekolah di Kabupaten Buleleng. Berbagai pengalaman belajar ini akan lebih memberikan manfaat yang maksimal apabila praktik baik ini disebarluaskan kepada sekolah yang ada di Kabupaten Buleleng sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang sama atau minimal mereka mampu mengadopsi secara bertahap pengalaman belajar yang diperoleh.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk berbagi praktik baik dari penerapan penerima manfaat sasaran Lighthouse School Program (LSP) dan Program Organisasi Penggerak (POP) dari Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Dalam perihal peningkatan mutu tenaga pendidik, tentunya dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman implementasi kurikulum merdeka, Mengakselerasi keterampilan guru dalam merancang media pembelajaran berbasis digital, Meningkatkan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran berbasis proyek yang mendukung peningkatan karakter siswa.


Dalam kegiatan Ganapati ini, terdapat lima kegiatan yang akan dilaksanakan. Yaitu, Diseminasi Educational Content Creator, Diseminasi Implementasi Kurikulum Merdeka, Kompetisi Educational Content Creator, Diseminasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan Education Sharing Digital Network & Hand Over.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 16 hari dan dibagi perjadwal yang sudah di tentukan. Target peserta yang di cari yaitu jenjang tingkat guru SD, SMP se-Kabupaten Buleleng. 


Program ini tentunya didukung dan mendapatkan respon positif dari pihak Kadisdikpora Buleleng

“Berkembangnya pendidikan di era digital, Ganapti sangat membantu perkembangan proses pendidikan, Pemerintah akan terus berperan aktif mendukung kegiatan ini, program ini sudah tersampaikan ke pimpinan utama Pj Bupati Buleleng, beliau pun mendukung program tersebut” ucap Astika.

Harapan kedepan program LSP ini bisa terlaksana dengan baik dan bisa berkelanjutan guna menunjang prihal pendidikan di Kabupaten Buleleng.