(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RATUSAN ANAK PAUD IKUTI LOMBA TRADISIONAL SERANGKAIAN HUT KE - 78 REPUBLIK INDONESIA

Admin disdikpora | 15 Agustus 2023 | 1586 kali

RATUSAN ANAK PAUD IKUTI LOMBA TRADISIONAL SERANGKAIAN HUT KE - 78 REPUBLIK INDONESIA


Singaraja, Senin 14 Agustus 2023 l DISDIKTODAY

Salah satu upaya optimalisasi tahapan tingkat perkembangan anak, dalam tatanan penyelenggaraan  proses  evaluasi  dan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreatifitas  Anak Usia Dini, maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan kegiatan Lomba Tradisisonal berupa Lomba Engklek dan Lomba Sepit-Sepitan Tingkat PAUD Kabupaten Buleleng untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78 Tahun 2023.


" Lomba Tradisional Engklek dan Sepit-Sepitan Tingkat PAUD ini merupakan salah satu mainan tradisional yang perlu dilestarikan dan salah satu wujud untuk membentuk mental anak agar menjadi lebih percaya diri dan bisa mempersiapkan generasi yang smart and comprehensive, generasi yang berkarakter serta selalu menumbuh-kembangkan bakat dan potensi yang dimiliki anak sesuai dengan yang tertuang dalam kurikulum merdeka yang digunakan oleh satuan pendidikan masing-masing."


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd. ,M.M., saat membuka secara resmi kegiatan lomba tradisional bertempat di lapangan taman kota Singaraja, Senin ( 14/8/23).


Lebih lanjut, pihaknya menambahkan bahwa dalam setiap ajang perlombaan akan senantiasa ditegakkan sportivitas oleh seluruh komponen baik peserta, pendamping, panitia, dewan juri semuanya akan menjunjung tinggi sportivitas. 


Disisi lain, dari laporan Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Dra. Made Sri Suparmi didampingi Widya Prada Ahli Muda, Subkor peserta didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P., M.Pd. Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd. Kasi Kelembagaan dan Sarpras PAUD dan PNF Nyoman Widiari, S.E., menyampaikan bahwa tema pada lomba Tradisional ini adalah “Anak Sehat, Cerdas, Bermoral, dan Berkarakter Menuju Kejayaan Bangsa Indonesia”.Tujian kegiatan lomba ini tiada lain adalah mempererat tali silahturahmi antar Pendidik se-Kabupaten Buleleng, Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi, Menjadikan Anak-anak sehat dan cerdasdan  Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba.


Sementara itu, Peserta kegiatan diikuti oleh 45 peserta yaitu 9 peserta lomba engklek dan 36 peserta lomba sepit-sepitan terdiri dari perwakilan dari masing-masing Kecamatan.Untuk para pemenang lomba akan diberikan uang pembinaan, trophy dan sertifikat.