(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG HARAP SISWA DAN GTK GUNAKAN AKUN BELAJAR. ID SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Admin disdikpora | 24 Maret 2022 | 260 kali

KADISDIKPORA BULELENG HARAP SISWA DAN GTK  GUNAKAN AKUN BELAJAR. ID  SEBAGAI SUMBER BELAJAR 


Gerokgak, Kamis 24 Maret 2022 l DISDIKTODAY

Hari ini Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd., M. M berkesempatan membuka  sosialisasi Immediate Outcome dan pembaruan dapodik dalam rangka evaluasi dan perencanaan DAK Fisik Pendidikan, pengenalan aplikasi pendataan anak putus sekolah serta evaluasi Implementasi Anti Korupsi pada sektor pelayanan publik di Bidang Pendidikan didampingi Korwil Disdikpora Kecamatan Gerokgak, Putu Suardika,M.Pd dan Kepala SD N 3 Gerokgak, Putu Darwata, S. Pd.  bertempat di SD N 3 Gerokgak, Kamis, 24/3/22.



Selanjutnya, dalam arahan Kadisdikpora Buleleng sebelum membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa yang pertama agar seluruh siswa, guru dan tenaga pendidik didaftarkan ke sistem Dapodik termasuk kedalam akun Belajar. Id. Seperti yang kita ketahui belajar.Id. disediakan Kemendikbudristek untuk memudahkan siswa dan guru dari berbagai satuan pendidikan dalam mengakses kebutuhan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemendikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkankegiatan belajar mengajar , baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Akun Pembelajaran belajar.id diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. 



Dapodik yang  merupakan satu – satunya acuan data yang telah digunakan oleh pihak Kemdikbud juga menjadi perhatian penting bagi stuan Pendidikan. Data pokok peserta didik ini memiliki peran yang sangat penting dan vital dengan berbagai macam fungsi.Setiap tahunnya fungsi dapodik akan terus menerus mengalami perkembangan terkait atas perubahan suatu kebijakan serta program yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. 



Adapun beberapa fungsi Dapodik tersebut seperti Memberikan alokasi dana bantuan operasional sekolah sesuai dengan jumlah siswa pada suatu instansi atau sekolah terkait, Memberikan alokasi kuota penerimaan tunjangan – tunjangan bagi guru yang sudah dikatakan telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, Alokasi kuota penerima tunjangan – tunjangan untuk guru yang sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan, Alokasi bantuan sarana dan prasarana bagi sekolah dimana fasilitasnya masih belum memadai, Pengajuan serta upaya perbaikan data kelembagaan sekolah dan lain sebagainya. Maka dari pada itu pembaruan Dapodik sangat penting bagi perkembangan data pokok Pendidikan di setiap satuan Pendidikan



Sementara itu, untuk Jaga. Id diharapkan kepada Kepala sekolah, guru maupun operator Sekolah nantinya bisa memahami bagaimana cara menggunakan aplikasi Jaga. Id.Portal informasi publik dari KPK RI ini berisi bagaimana langkah - langkah pelaporan pencegahan korupsi  guna mendorong partisipasi, akuntabilitas, respon, dan transparasi dari pemerintah dan masyarakat. Harapannya, setelah dilaksanakannya sosialisasi ini Kepala Sekolah di Kabupaten Buleleng bisa memberikan laporan bagaimana penerapan Pendidikan anti korupsi di Sekolah baik melalui habituasi atau insersi pada mata pelajaran maupun kegiatan ekstra kurikuler dan yang tak kalah penting juga di bidang pendidikan aplikasi Jaga. Id ini juga diterapkan untuk memantau bagaimana penggunaan dana pendidikan. Misalnya soal BOS (Bantuan Operasional Sekolah). 



Kegiatan ini hadiri Operator SD Se - Kecamatan Gerokgak pada Sesi pertama kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari staf Disdikpora Kabupaten Buleleng, Teddy Hariawan, S.Kom mengenai Program pendidikan anti korupsi di Sekolah sebagai upaya implementasi peraturan Bupati Buleleng nomor 48 tahun 2019.Sedangkan di sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan pembaruan sistem dapodik sebagai dasar kebijakan pengambilan keputusan pembiayaan pendidikan serta dilanjutkan dengan intensifikasi aplikasi pendataan anak tidak sekolah (ATS ) oleh Dewa Ketut Sudiatmika.