(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA HADIRI SOSIALISASI AKREDITASI RUMPUN DASMEN BAN-PDM PROVINSI BALI TAHUN 2024

Admin disdikpora | 16 Agustus 2024 | 549 kali

DISDIKPORA  HADIRI SOSIALISASI AKREDITASI RUMPUN DASMEN BAN-PDM PROVINSI BALI TAHUN 2024


Singaraja, Jumat 16 Agustus 2024 l DISDIKTODAY

Dalam rangka persiapan Akreditasi Satuan Pendidikan di Kabupaten Buleleng Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Bali melaksanakan sosialisasi akreditasi tahun 2024 bertempat di Aula SMK Negeri 1 Sukasada. Sebanyak 37 Sekolah di Kabupaten Buleleng menjadi sasaran sosialisasi Akreditasi tersebut yang terdiri dari dari 32 SD, 1 MA, 2 SMP, 1 MTs, dan 1 SMA.



Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Sekretaris Dinas Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd , M.A.P. menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini. Sekdis Gus Surya menyampaikan kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dalam mendukung Akreditasi tahun 2024. 


Disdikpora Kabupaten Buleleng senantiasa berupaya menyukseskan misi Kabupaten Buleleng yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Profesional, Berbudaya dan Berintegritas. Dalam memenuhi tuntutan akreditasi sekolah, Disdikpora telah berupaya meningkatkan sarana dan prasarana melalui DAK dan DAU secara bertahap. Dalam pelaksanaan akreditasi sekolah Disdikpora senantiasa melaksanakan pembinaan serta pendampingan kepada satuan Pendidikan yang menjadi sasaran akreditasi.


Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari BAN-PDM Pronvinsi Bali berupa Kebijakan BAN-PDM dalam pelaksanaan Akreditasi yang disampaikan oleh Sekrataris BAN-PDM Provinsi Bali Ida Bagus Gede Asmara Putra, S.E. Asmara Putra menyampaikan Akreditasi Sekolah penting untuk menjamin mutu Pendidikan dan perlindungan terhadap hak anak bangsa. Tujuan dari kegiatan Sosialisasi Akreditasi ini adalah Menjelaskan mekanisme pelaksanaan akreditasi jenjang pendidikan dasar dan menengah; Menjelaskan instrumen akreditasi jenjang pendidikan dasar dan menengah; Menjelaskan penggunaan aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena).


Menginformasikan kepada sekolah/madrasah untuk wajib mengunggah dokumentasi yang diperlukan dan mengisi deskripsi kinerja asesi (DKA) melalui aplikasi Sispena. Selanjutnya I Wayan Dharmasuita selaku Asesor BAN-PDM Provinsi Bali memberikan pemaparan panduan proses akreditasi dan serta penyampaian panduan teknis aplikasi Sispena-PDM oleh tim teknis Sekretariat BAN-PDM Pronvinsi Bali. 


Hadir pula sebagai peserta sosialisasi akrediasi dari Kasi Kelembagaan dan Sarpras SD, Gede Bani Purbawa, S.T., M.Si. dan Kasi Kelembagaan dan Sarpras SMP Luh Putu Dian Partina, SE.