(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISKUSI AWAL PPDB ONLINE JENJANG SEKOLAH DASAR

Admin disdikpora | 06 Juni 2023 | 4412 kali

DISKUSI AWAL PPDB ONLINE JENJANG SEKOLAH DASAR


Singaraja, Selasa, 6 Juni 2023 l DISDIKTODAY

Pagi ini seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Sekretaris Dinas Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P  didampingi Subkor Perencanaan Gede Wardana, S.Kom., menggelar pertemuan guna mendiskusikan terkait uji coba pelaksanaan E-PPDB online di tiga sekolah yang ada di wilayah kota Singaraja.


Bertempat di ruang rapat Kepala Dinas, diskusi kali ini dihadiri Korwil Disdikpora Kecamatan Buleleng, I Ketut Sulitra, S. Pd,  Kepala SD N 1 Banjar Jawa, Kepala SD N 3 Banjar Jawa dan Kepala SD N 1 Paket Agung.Sesuai arahan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng nantinya secara bertahap PPDB akan dilaksanakan secara online mulai dari jenjang SD dan sedangkan untuk jenjang SMP selama ini  sudah berjalan.Untuk PPDB online jenjang SD mulai tahun ini akan dirancang sembari memperkenalkan aplikasi E- PPDB online kepada sekolah yang dirasa reprensitatif untuk melaksanakan. 


Lebih lanjut, Sekretaris Dinas menyampaikan yang perlu dilakukan adalah mencoba menyusun skenario , seperti halnya terkait dengan informasi data jumlah usia sekolah diwilayah Sekolah bersangkutan.Kalau berbasis kewilayahan yang perlu diperhatikan  apakah termasuk Kelurahan maupun Desa.Sementara itu, kalau dimasing-masing wilayah tersebut ada Sekolah lain berarti ada pembagian apakah termasuk Dusun maupun Banjar.Kemudian dari data tersebut akan dilaksanakan perbandingan data dari tahun sebelumnya untuk mengetahui peserta didik yang memang berasal dari layanan sekolah bersangkutan.


Kedepan melalui E-PPDB Online bisa memberikan  akses bagi masyarakat dalam memperoleh informasi dengan cepat, tepat, mudah terkait dengan informasi Penerimaan Peserta Disik Baru. Selain itu, perlunya penyebarluasan  informasi mekanisme tentang PPDB online juga harus dilaksanakan baik melalui sosialisasi maupun melalui media sosial sehingga dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh masyarakat.