(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT KOORDINASI DAN TEKNIS TERKAIT LOKAKARYA 4, 5 DAN 6 PROGRAM GURU PENGGERAK ANGKATAN 5

Admin disdikpora | 01 November 2022 | 455 kali

RAPAT KOORDINASI DAN TEKNIS TERKAIT LOKAKARYA 4, 5 DAN 6 PROGRAM GURU PENGGERAK ANGKATAN 5


Denpasar, Selasa 1 November 2022 DISDIKTODAY

Selasa 1 November 2022, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bali menggelar rapat koordinasi teknis terkait acara lokakarya 4, 5 dan  6 Program Guru penggerak angkatan 5 bertempat di Gedung Aula I Gusti Ngurah Rai, Kantor BGP Provinsi Bali, Sesetan, Denpasar. 


Rapat kali ini dihadiri dua kabupaten diantaranya Kabupaten Buleleng dan Gianyar. Untuk Kabupaten Buleleng, rapat dihadiri oleh Kasi GTK SD, Ni Luh Putu Lasmini, S.H, mewakili Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdikpora Kabupaten Buleleng didampingi satu orang staf GTK SMP serta koordinator pengajar praktek pada program Pendidikan guru Penggerak angkatan 5. 


Sejatinya Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadikan guru sebagai pemimpin dalam pembelajaran. Keluaran dari program Pendidikan Guru Penggerak adalah Guru Penggerak yang dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik. Pada program guru penggerak angkatan 5, Kabupaten Buleleng memiliki 75 orang peserta dari berbagai jenjang pendidikan yang diberikan materi oleh 15 orang pengajar praktek yang sudah berpengalaman, agar dapat menjadi generasi pemimpin pembelajaran berikutnya. 


Rapat koordinasi secara resmi dibuka I Made Abdi Wismana,S.T,M.T selaku Kepala Subbagian Umum BGP Provinsi Bali, Ibu Ni Wayan Karyawati, S.E. selaku Ketua Pokja Pendidikan Guru Penggerak dan Bapak Drs. I Nyoman Diasa selaku Widyaprada Ahli Madya BGP Provinsi Bali. Fokus pertemuan kali ini adalah membahas mengenai perubahan teknis kegiatan setelah peralihan pengelolaan program pendidikan guru penggerak yang semula dikelola oleh PPPPTK Penjas dan BK menjadi Balai Guru Penggerak masing-masing provinsi. Tidak hanya itu, rapat juga membahas mengenai kesiapan dan teknis untuk acara lokakarya 4, 5 dan 6. Lokakarya 1 dan 2 sudah sempat dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sawan. 


Lebih lanjut, setelah dilakukan evaluasi mengenai pelaksanaan lokakarya, maka acara lokakarya 3 dilaksanakan di tempat berbeda yaitu SMK N 2 Singaraja. Mengingat lokasi yang lebih strategis dan dilengkapi fasilitas yang menunjang kelancaran acara, maka SMK N 2 Singaraja kembali terpilih menjadi tempat dilaksanakannya Lokakarya 4, 5 dan 6. Untuk Lokakarya 7, perlu dilakukan survey pada sekolah yang lebih memadai karena diperlukan ruangan yang lebih besar agar acara panen hasil belajar Calon Guru Penggerak bisa berjalan dengan baik. Mengenai adminitrasi, sejauh ini belum ada kendala yang berarti, sehingga hanya perlu dilakukan koordinasi yang lebih baik antara BGP dan Disdikpora Kabupaten Buleleng selaku panitia agar jalannya lokakarya menjadi semakin baik.Perlu diketahui bersama lokakarya akan dilaksanakan pada bulan November dan Desember 2022.