(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

UJI KESETARAAN PAKET C 2023

Admin disdikpora | 14 Mei 2023 | 832 kali

UJI KESETARAAN PAKET C 2023


Singaraja, Minggu 14 Mei 2022 l DISDIK TODAY

Uji Kesetaraan merupakan Proses asesmen yang menyetarakan hasil pendidikan nonformal dengan pendidikan formal serta pengakuan hasil pendidikan informal sama dengan pendidikan formal dan nonformal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Uji kesetaraan Jenjang Paket C setara SMA di Kabupaten Buleleng yang dimulai pada Sabtu, 13 mei 2023 (gelombang I) sampai minggu, 14 mei 2023 (gelombang II).

Uji Kesetaraan paket C tahun ini diikuti oleh 9 Lembaga masing-masing 8 PKBM , 1 SKB dengan jumlah total peserta terdaftar sebanyak 466 orang, di bagi atas 2 gelombang, dan 2 sesi dimana sesi 1 di isi dengan mata uji Literasi dan sesi 2 dengan mata uji Numerasi perharinya. 

Untuk gelombang I diikuti oleh 320 org dan gelombang ke II akan diikuti oleh 146 peserta.

Lokasi uji kesetaraan terletak di beberapa lembaga pendidikan dengan status menumpang ataupun mandiri. Adapun rinciannya dapat disampaikan sebagai berikut yang pertama berlokasi di UPTD SKB Buleleng diikuti 33 orang, lokasi ujian di UPTD SKB Buleleng dengan status mandiri.Kedua di PKBM Widya Aksara diikuti  95 orang berlokasi di PKBM Widya Aksara Desa Tigawasa Kec. Banjar dengan status Mandiri.Ketiga PKBM Hasta Kria diikuti 96 orang, lokasi ujian di SMP Negeri 3 Singaraja dengan status menumpang, keempat PKBM Widya Dharma  diikuti 53 orang, lokasi uji di SMK Negeri 3 Singaraja dengan status menumpang. Kelima PKBM Sari Mertha diikuti 90 orang, lokasi uji di SMP Negeri 1 Singaraja dengan status Menumpang.Keenam PKBM Lestari diikuti 8 orang,  lokasi uji di PKBM Lestari Desa Sumberkima Kec. Gerokgak dengan status Mandiri.Ketujuh PKBM Puspita Jaya diikuti 29 Orang, lokasi uji di SMP Negeri 4 Seririt dengan status menumpang.Delapan PKBM Amartha Yoga diikuti 43 orang, lokasi uji di SMP Negeri 1 Gerokgak dengan status menumpang, dan PKBM Widya Bhakti Pertiwi diikuti 19 orang, lokasi uji di UPTD SKB Buleleng dengan status menumpang.

Perlu diketahui bersama bahwa Tim asessmen Disdikpora Kabupaten  Buleleng mengawal pelaksanaan melalui dua tim, ada yang memantau lewat sistem bertempat di Room Assessment Centre dan ada juga melakukan pemantauan secara langsung ke lapangan terhadap pelaksanaan ujian. Sampai berakhir sesi pada hari pertama ini, terpantau tertib dan lancar walau dalam sesi sempat beberapa kali mengalami server down namun telah dapat teratasi. Untuk absensi peserta, tercatat 320 orang pada gelombang pertama, yang hadir ikut ujian sebanyak 312 orang dan 8 orang tidak hadir dengan alasan bekerja di luar daerah.Sedangkan untuk gelombang kedua Peserta terdaftar 146, namun yang hadir sebanyak 145 orang dan 1 orang tidak hadir karena sakit.