(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SPENTHREE PERINGATI 1 TAHUN ROOTS DAY : BE A BUDDY NOT A BULLY

Admin disdikpora | 10 Desember 2022 | 326 kali

SPENTHREE PERINGATI 1 TAHUN ROOTS DAY : BE A BUDDY NOT A BULLY


Singaraja, Sabtu 10 Desember 2022 | DISDIK TODAY

Beragam pementasan siswa siswi mewarnai peringatan 1 tahun Roots Day di SMP Negeri 3 Singaraja (Spenthree), Sabtu 10 Desember 2022. Diawali dengan Tari Panyembrama dan pertunjukan lainnya seperti Tari Nelayan, Vocal Solo, Musikalisasi Puisi, Senam Pelajar Pancasila, Dramatisasi Puisi, Tari Kreasi, Tari Modern, dan Drama menggambarkan STOP Perundungan dan Kekerasan di sekolah.


Peringatan yang bertujuan merefleksi setahun program anti perundungan di sekolah yang berlokasi di Kelurahan Kampung Baru ini, mengajak semua warga sekolah dan para pemangku kepentingan untuk selalu mencegah terjadinya perundungan baik itu perundungan verbal, perundungan fisik, perundungan sosial, perundungan dunia maya, maupun perundungan seksual. 


Dalam setahun sejak dideklarisikan, program anti perundungan secara efektif telah mampu mengedukasi siswa siswi akan pentingnya pencegahan bullying di sekolah penggerak angkatan I Kabupaten Buleleng ini. Melalui pola Agen Perubahan yang dibentuk sekolah dengan pendampingan bapak ibu guru secara terus-menerus mengkampanyekan gerakan Stop Bullying di lingkungan sekolah.


Kepala SMPN 3 Singaraja, I Gede Sumatra jaya, S.Pd. dalam sambutanya juga menyampaikan bahwa kedepan sekolahnya akan terus berupaya memasifkan pemahaman anti perundungan bagi siswa siswi serta warga sekolah. Terlebih SMPN 3 Singaraja memiliki siswa dengan latar belakang budaya dan sosial yang beragam, pihaknya akan terus memgembangkan sikap toleransi bagi peserta didiknya.


Sementara Disdikpora Kabupaten Buleleng yang dihadiri Sekretaris Dinas Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa antusias atas terselenggaranya Roots Day 1 kali ini. Menurutnya hal ini sebagai salah satu upaya dalam mengukur ketercapaian implementasi program sekolah penggerak di Spenthree. 


Seperti diketahui dalam tahapan program sekolah penggerak ada 4 tahapan yang ingin dicapai satuan pendidikan untuk bergerak 1 - 2 level dalam 3 tahun ajaran. Spenthree dalam pelaksanaan PSP tahun kedua telah banyak mengalami perubahan-perubahan yang positif sehingga diharapkan pasca pendampingan nantinya mampu menjadi Sekolah Penggerak level 4 dimana perundungan dan tindak kekerasan tidak terjadi.


Acara yang dimeriahkan dengan berbagai kreativitas siswa mengambil tema "Be A Buddy Not A  Bully" Jadilah Teman Bukan Pembully."