(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR GEBYAR PAUD DAN PNF 2024

Admin disdikpora | 13 September 2024 | 640 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR GEBYAR PAUD DAN PNF 2024

Singaraja, Jumat 13 September 2024 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Lomba Gebyar PAUD dan PNF tahun 2024 dengan tema “Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar Yang Berkualitas”. 


Kehadiran Ny. Paramita Lihadnyana selaku Bunda PAUD Kabupaten Buleleng didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten, Made Astika, S.Pd., M.M, memberikan semangat bagi para peserta untuk memeriahkan lomba karnaval jenjang PAUD bertempat di Jl. Werkudara sebelah Selatan Lapanngan Taman Kota Singaraja, Jumat, (13/9).


Lebih lanjut, untuk pembacaan sambutan Bupati Buleleng disampaikan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd. M.M., mewakili Penjabat Bupati Buleleng.Dalam sambutannya disampaikan bahwa Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dan Pendidikan Non Formal. berbagai program dan kebijakan telah kami lakukan, salah satunya adalah dengan pelaksanaan Gebyar PAUD dan PNF yang diselenggarakan secara bersamaan. Selain kegiatan ini digunakan sebagai sebuah upaya peningkatan kualitas insan pendidikan, acara ini juga merupakan upaya kami mengenalkan serta  memperkuat informasi terkait keberadaan layanan PAUD dan Pendidikan Non Formal kesetaraan di Kabupaten Buleleng.  


Sebelum acara dimulai kegiatan diawali dengan pembacaan  laporan Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng yang disampaikan Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P., Adapun Tujuan dari Gebyar PAUD dan PNF Tahun 2024 diantaranya Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal, Menciptakan kesempatan bagi para pendidik, orang tua, dan lembaga untuk berinteraksi dan berkolaborasi, Menggali talenta-talenta unggul dari unsur peserta didik, guru maupun tenaga kependidikan.


Gebyar PAUD dan PNF tahun 2024 diisi dengan beberapa lomba seperti Lomba Praktik Baik Pendidik Taman Kanak Kanak, Lomba Dolanan untuk peserta didik PAUD, Lomba Praktik Baik Pengelola Kelompok Bermain,  Lomba Praktik Baik Tutor Kesetaraan,  Lomba Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM),  Lomba Inovasi Pemberdayaan Peserta Didik Kesetaraan, Lomba Pidato Bahasa Inggris Peserta didik Paket C setara SMA dan  Lomba Cerdas Cermat Peserta Didik Paket C setara SMA.


Lebih lanjut, Peserta kegiatan ini diikuti oleh 524 orang peserta. Pada jenjang PAUD diikuti oleh peserta didik, pengelola PAUD, pendidik dan orangtua/wali dengan jumlah peserta 414 orang, sedangkan untuk Pendidikan Non Formal diikuti oleh Pengelola PKBM, Tutor Kesetaraan dan Peserta didik kesetaraan dengan jumlah peserta 110 orang, yang mana semua peserta merupakan perwakilan dari setiap kecamatan dan satuan pendidikan terpilih di wilayahnya.Sementara itu, untuk para pemenang lomba dari juara satu sampai juara harapan empat akan diberikan Trophy, Piagam dan uang pembinaan.