(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KABUPATEN BULELENG JADI SASARAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU BPMP PROVINSI BALI

Admin disdikpora | 11 Oktober 2022 | 429 kali

KABUPATEN BULELENG JADI SASARAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN PARADIGMA  BARU BPMP PROVINSI BALI

Singaraja, Selasa 11 September 2022 | DISDIKTODAY

Seijin Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, pagi ini Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S. Pd, M. A. P menghadiri serta membuka pendampingan pembelajaran paradigma baru yang digelar  Balai Penjaminan  Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali  bertempat di ruang Unit IV kantor Bupati Buleleng, Selasa, 11/10/22.


Dalam penyampaian pesan Kepala Disdikpora yang disampaikan Sekretaris Dinas mengungkapkan bahwa Disdikpora Kabupaten Buleleng berterima kasih dan mengapresiasi Balai Penjaminan  Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali karena terus melakukan pendampingan terkait dengan penyelenggaraan program prioritas pendidikan di Pusat yang menyasar daerah.Hal ini perlu dilakukan untuk menumbuhkan atau menyamakan persepsi agar stakeholder atau pemangku kepentingan terkait dengan program Pendidikan yang berorientasi pada pembelajaran paradigma baru bisa dipahami oleh semua pihak.Pemehaman ini akan memberikan gambaran serta arah yang jelas apa yang dilakukan untuk bisa mewujudkan program yang akan  dilaksanakan.


Kedepan, jajaran Disdikpora Kabupaten Buleleng bisa memiliki pemahaman yang sama untuk melakukan proses fasilitasi baik itu dalam penyusunan program ditingkat kabupaten maupun pendampingan  satuan Pendidikan yang memiliki linieritas dengan program-program Pendidikan di daerah.Lebih lanjut, dari pertemuan ini nantinya ada sebuah diskusi, masukan serta pemikiran terkait apa yang perlu dilaksanakan tentang peran untuk mewujudkan program pembelajaran paradigma baru.Kerterkaitan dukungan dari stakeholder seperti TAPD dan  Kemenag RI Kabupaten Buleleng juga diperlukan kolaborasi,  komunikasi  yang baik  sehingga  bisa menyukseskan program pembelajaran paradigma baru.


Disisi lain, Ni Putu Budi Riniati  selaku Ketua Pokja Kemitraan, Komunikasi dan Pemberdayaan BPMP Provinsi Bali mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan pendampingan pembelajaran paradigma baru ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan kepada pemangku kepentingan pendidikan di daerah guna memastikan pendidikan di daerah guna memastikan terjadinya pembelajaran yang berpusat pada siswa menuju terwujudnya profil pelajar Pancasila. Pembelajaran paradigma baru memastikan praktek pembelajaran  yang berpusat pada siswa dimana setiap siswa  belajar sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya. 


Lebih lanjut, Ni wayan Surasmini, Widyaprada BPMP Provinsi Bali/Koordinator Kabupaten Buleleng dan Gianyar berkesempatan menjelaskan materi tentang Pembelajaran paradigma baru. Secara umum Pembelajaran paradigma baru merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan  pengembangan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pembelajaran paradigma baru memastikan praktik pembelajaran yang berpusat pada murid, yang mana setiap murid belajar sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannya.Pembelajaran paradigma baru dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas (intrakurikuler) dan di luar kelas (kokurikuler dan ekstrakurikuler). 


Perlu diketahui bersama bahwa, turut juga hadir ketua Tim PSP BPMP Provinsi Bali , Ni Made Setiarini, dengan  mengundang  Koordinator Pengawas, Koordinator Wilayah Disdikpora, Kepala Bidang PAUD dan PNF, SD, SMP , Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, SD, SMP ,  Tim PMO PSP, Ketua KKKS , Ketua MKKS, Ketua KKPS dan Ketua MKPS.Selain pendampingan pembelajaran paradigma baru, BPMP Provinsi Bali melanjutkan pendampingan Penguatan Profil Pelajaran Pancasila (P5) pada hari rabu 12 Oktober 2022 bertempat di Aula Disikpora Kabupaten Buleleng.