(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MERIAHKAN PERINGATAN BULAN BUNG KARNO KE-VI, PULUHAN ANAK TK/PAUD IKUTI LOMBA PADUAN SUARA

Admin disdikpora | 13 Juni 2024 | 1105 kali

MERIAHKAN PERINGATAN BULAN BUNG KARNO KE-VI,  PULUHAN ANAK TK/PAUD IKUTI LOMBA PADUAN SUARA 


Singaraja, Kamis 13 Juni 2024 | DISDIKTODAY

Lomba Paduan Suara tingkat PAUD ini pertama kali kita laksanakan di Kabupaten Buleleng, ajang ini merupakan salah satu wujud untuk membentuk mental anak agar menjadi lebih percaya diri, kompak dan bisa mempersiapkan generasi yang smart and comprehensive, generasi yang berkarakter serta selalu menumbuh kembangkan bakat dan potensi yang dimiliki anak sesuai dengan yang tertuang dalam kurikulum merdeka yang digunakan oleh satuan pendidikan masing-masing.


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., saat mewakili Penjabat Bupati Buleleng guna membuka secara resmi Lomba Paduan Suara Tingkat PAUD Se Kabupaten Buleleng dalam rangka Memperingati Bulan Bung Karno Ke-VI Tahun 2024 bertempat di RTH Bung Karno Singaraja, Kamis (13/6).


Lebih lanjut dalam pembacaan sambutan Pj. Bupati Buleleng juga disampaikan bahwa  melalui momentum Bulan Bung Karno diharapkan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat secara bersama-sama dan masif mengenalkan kepada anak-anak tentang sosok tokoh Ir. Soekarno yang merupakan Bapak Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia serta pencetus konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.


Disisi lain dari laporan ketua panitia, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., seklaigus Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF melaporkan bahwa tema pada lomba Paduan Suara ini adalah “Mengenang Jasa Pahlawan Proklamator Bung Karno”. Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan Anak Usia Dini yang bermutu, kreatif, kompak dengan orientasi untuk peningkatan mutu pendidikan PAUD serta membentuk mental agar lebih percaya diri serta meningkatkan kualitas anak-anak sejak usia dini.


Sementara itu kegiatan ini diikuti oleh 18 peserta, yang mana merupakan 2 duta atau perwakilan dari masing-masing kecamatan, yang melibatkan 198 orang, dimana 1 kelompok terdiri dari 11 orang, diantaranya 5 orang laki-laki, 5 orang perempuan dan 1 orang dirihen.Bagi para juara dari juara 1 sampai dengan juara harapan 3 berhak memperoleh trophy, piagam dan uang pembinaan serta untuk penilaian melibatkan dewan juri berkompeten dibidangnya.


Dalam kegiatan ini turut hadir Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd.,M.Pd., Widya Prada Ahli Muda, Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P., M.Pd dan Kasi Kelembagaan Sapras PAUD dan PNF,  Nyoman Widiari, S.E. serta turut juga mengundang Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Camat Sukasada, Bunda PAUD Kecamatan Sukasada, Korwil Disdikpora Kecamatan Se- Kabupaten Buleleng, Ketua Pusat Kegiatan Gugus Kabupaten Buleleng, Ketua IGTKI Kabupaten Buleleng dan Ketua HIMPAUDI Kabupaten Buleleng.


Perlu diketahui bersama bawa ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Buleleng  untuk mewujudkan perkembangan anak dalam tatanan penyelenggaraan proses evaluasi dan pembelajaran yang telah dilaksanakan, melalui ajang Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreatifitas Anak Usia Dini, maka kegiatan seperti yang dilaksanakan pada hari ini sangat penting dan bermanfaat dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaran proses pembelajaran yang telah dilaksanakan pada satuan pendidikan.