(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA GURU MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA

Admin disdikpora | 08 Februari 2022 | 478 kali

PENELITIAN TINDAKAN KELAS UPAYA GURU MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA


Singaraja, Rabu 8 Februari 2022 l DISDIKTODAY

Mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, hari ini Kabid Pembinaan GTK, I Nyoman Sutama, S. Pd, M. Pd secara resmi membuka  seminar penelitian tindakan kelas di SMP N 4 Singaraja, Rabu 9/2/22.



Dalam pembacaan sambutan Kepala Dinas dapat disampaikan bahwa setiap guru diwajibkan membuat  penelitian tindakan kelas (PTK ) dalam kaitannya dengan pengajuan kenaikan pangkat dan merupakan syarat utama bagi setiap guru di mulai dari golongan 3c dan seterusnya dan diharapkan guru mampu menghasilkan 1 PTK di setiap satu semesternya. 



Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu elemen penting dalam upaya meningkatkan kualitas belajar siswa.Sekolah merupakan rumah kedua bagi guru dan siswa. Jika sekolah seperti rumah, maka kelas berperan sebagai ruangan. Kondisi kelas memegang peranan penting dalam kelancaran proses pembelajaran. Salah satu keberhasilan siswa di sekolah adalah dapat dilihat bagaimana prestasi siswa di dalam kelas.



Sementara itu, untuk lebih memperdalam materi tentang PTK telah hadir pengawas manajerial, Gst Agung Oka Yadnya sekaligus sebagai narasumber pada seminar kali ini. Peserta seminar diikuti oleh guru guru guru SMP Negeri 4 Singaraja didampingi Kepala sekolah dan beberapa peserta dari sekolah lain yang ada di kabupaten Buleleng. 



Kegiatan seminar yang dilaksanakan sehari serangkaian peringatan HUT SMP Negeri 4 Singaraja ke - 43 tahun serta merupakan tindak lanjut dari kegiatan workshop yang sudah dilaksanakan sebelumnya dalam rangka presentasi dan penilaian hasil karya yang sudah dilaksanakan secara berkelanjutan.

Kedepan dengan adanya seminar ini diharapkan ketika  guru  menghadapi sebuah masalah maka harus segera menemukan solusi untuk masalah tersebut.Maka dari pada itu salah satu cara untuk menemukan pemecahan masalah adalah dengan melakukan penelitian di kelas.