(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT SOSIALISASI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DANA BOS UNTUK PEMBIAYAAN TENAGA HONOR PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Admin disdikpora | 18 Februari 2021 | 132 kali

RAPAT SOSIALISASI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DANA BOS UNTUK PEMBIAYAAN TENAGA HONOR PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN
Singaraja, Kamis 18 Februari 2021 | DISDIKTODAY
Wabah pandemi Covid – 19 yang berkepanjangan membuat terganggunya aktivitas ekonomi masyarakat, yang berimbas pada menurunnya pendapatan asli daerah, selain itu APBD mengalami refocussing untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pada kesinambungan pembayaran gaji guru kontrak di sekolah.

Untuk mengatasi hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M didampingi oleh Kabid PSMP, Kabid GTK dan Kasi Peserta Didik SMP mengundang 18 SMP Negeri di Buleleng dengan jumlah siswa di atas 800 orang dalam rapat Sosialisasi Optimalisasi Penggunaan Dana BOS Untuk Pembiayaan Tenaga Honor Pendidik dan Kependidikan di aula Disdikpora Kabupaten Buleleng pada Kamis 18 Pebruari 2021.

Selanjutnya ada beberapa poin dari pertemuan ini diantaranya adalah menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah tersebut untuk sharing pembiayaan guru non ASN dalam rangka meringankan beban APBD akibat pandemi Covid – 19, karena kalau dilihat dari salah satu tujuan BOS adalah membantu biaya operasional yang belum terpenuhi oleh pemerintah daerah dan atau dari sumber lainnya.

Sementara itu, untuk Guru non ASN yang nantinya digaji dari dana BOS, dan oleh pihak Disdikpora Kabupaten Buleleng akan ditetapkan dalam SK. Kepala Dinas yang nantinya bisa dipergunakan dalam mencari NUPTK sehingga diharapkan nantinya semua guru non ASN di Buleleng memiliki NUPTK. Selain itu dari pihak sekolah juga diharapkan mengalokasikan maksimal 45% dana BOS untuk pembiayaan ini, namun besaran gaji guru di tiap sekolah tidak harus sama karenan disesuaikan dengan kemampuan sekolah tapi tetap memperhatikan equivalensi, dan pada April nanti diharapkan sekolah-sekolah tersebut sudah melaksanakan pembayaran gaji terhadap guru non ASN dari dana BOS