(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG HADIRI RAKORDA BAN - PDM PROVINSI BALI TAHAP 1 TAHUN 2024

Admin disdikpora | 24 April 2024 | 1300 kali

DISDIKPORA BULELENG HADIRI RAKORDA BAN - PDM PROVINSI BALI TAHAP 1 TAHUN 2024


Badung, Rabu 24 April 2024 l DISDIKTODAY

Mewakili Kadisdikpora Kabupaten Buleleng, Kabid PSMP Putu Primasuta, S.Sn., M.Pd bersama Kasi Kelembagaan Dan Sarpras SMP Luh Putu Dian Partina, S.E, Kasi Kelembagaan Dan Sarpras SD Gede Bani Purbawa, ST.,M.Si, dan Kasi Kelembagaan dan Sarpras PAUD Nyoman Widiari, SE, sebagai perwakilan tiap jenjang pendidikan, serta Fasilitator Akreditasi PAUD Desak Putu Sri Yulistiawati, S.Pd.AUD, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Daerah BAN-PDM tahap I tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidilan Menengah (BAN - PDM) Provinsi Bali, bertempat di Hotel Garden Inn Kuta, Kabupaten Badung - Bali.


Rapat koordinasi yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, dibuka oleh Sekretaris BAN-PDM Ida Bagus Gede Asmara Putra, S.E selaku ketua panitia, dan diisi dengan penyampaian materi oleh para nara sumber dari Ketua BAN-PDM Provinsi Bali Dr. Ni Wayan Mudiarni, S.Pd., M.M., Kepala BPMP Provinsi Bali, Kepala Dinas Pendidilan Provinsi Bali, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jembrana, dan Ketua PGRI Provinsi Bali.


Ketua BAN-PDN Provinsi Bali,  Ni Wayan Mudiarni menyampaikan kebijakan dan mekanisme serta program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BAN-PDM Provinsi Bali pada tahun 2024. Disampaikan bahwa sejak bulan januari tahun 2024 Badan Akreditasi Nasional yang awalnya terdiri dari BAN PAUD dan BAN S/M, kini telah digabung menjadi BAN - PDM dengan struktur baru didalamnya yang terdiri dari Pokja PAUD dan Pokja DasMen. Lebih lanjut disampaikan program kerja ke depan terkait Akreditasi Satuan Pendidikan, bahwa dalam waktu dekat akan dilaksanakan sosialisasi akreditasi tingkat PAUD untuk mensosialisasilan kebijakan, mekanisme dan pengisian perangkat pengusulan akreditasi melalui aplikasi SISPENA serta Pemuktahiran Dapodik kepada seluruh PAUD dan PKBM yang menjadi sasaran akreditasi tahun 2024.


Khusus untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah akan dilakukan koordinasi lanjutan dan pendampingan pra akreditasi kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota, Kantor Kemenag Kab/Kota, dan Organisasi Mitra seperti PGRI, IGI, MKKS dan organisasi mitra terkait lainnya, mengingat instrumen penilaian akreditasi untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah belum ditetapkan oleh BAN Pusat untuk selanjutkan akan diadakan sosialisasi kepada seluruh Sekolah Dasar dan Menengah yang menjadi  sasaran akreditasi tahun 2024 setelah instrumen tersebut ditetapkan.


Selanjutnya kegiatan diisi dengan penyampaian dari nara sumber lainnya berupa materi oleh Kepala BPMP Provinsi Bali berupa Kebijakan BPMP dalam mendorong Dinas Pendidikan Kab/Kota melakukan peningkatan mutu satuan pendidikan serta mendukung pelaksanaan program akreditasi. Kemudian materi praktek baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan Kepala Kantor Kemenag Kab. Jembrana berupa Strategi dalam Membina Satuan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Layanan serta Mendukung Pelaksanaan Program Akresitasi. Terakhir diisi dengan penyampaian oleh Ketua PGRI Provinsi Bali berupa Dukungan Organisasi Mitra dalam pelaksanaan akreditasi BAN - PDM Provinsi Bali.


Untuk diketahui Rakorda ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kantor Kementrian Agama Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se Bali.