(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

LOKAKARYA KOMUNITAS BELAJAR 2 PSP ANGKATAN ANGKATAN 2 KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 11 Agustus 2024 | 594 kali

LOKAKARYA KOMUNITAS BELAJAR 2 PSP ANGKATAN ANGKATAN 2 KABUPATEN BULELENG


Minggu, 11 Agustus 2024 l DISDIKTODAY

Minggu pagi ini (11/8), sedang berlangsung Lokakarya Komunitas Belajar 2 PSP Angkatan 2 Kabupaten Buleleng yang berlokasi di SMK Negeri 2 Singaraja. Kegiatan ini melibatkan 137 orang peserta, terdiri dari 38 orang Kepala Sekolah, 88 orang guru, dan 11 orang pengawas, serta difasilitasi oleh 7 orang Fasilitator Sekolah Penggerak.


Kegiatan ini merupakan agenda khusus membahas bagaimana mewujudkan pembelajaran serta ekosistem sekolah yang berpusat/berpihak pada murid. Lokakarya menggunakan prinsip pembelajaran orang dewasa (POD) atau pembelajaran andragogi yang dapat diartikan sebagai memimpin atau membimbing orang dewasa untuk belajar.


Melalui kegiatan ini, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah,dan pendidik diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dalam membangun budaya belajar bersama berkelanjutan melalui komunitas belajar, yang berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.


Selain itu, peserta  akan diajak menggali dan merefleksikan pengalaman aktivitas  komunitas belajar yang telah berjalan di satuan pendidikan, mengoptimalkan terbangunnya komunitas belajar yang berpusat pada pembelajaran peserta didik, memahami siklus menciptakan budaya komunitas belajar dalam sekolah, antar sekolah; dan merancang rencana aktivitas di dalam pengembangan komunitas belajar yang berkelanjutan sesuai peran masing masing.