(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BULELENG JADI SASARAN SUPERVISI DIREKTORAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN KHUSUS KEMENDIKBURISTEK RI TERKAIT PROGRAM KEAKSARAAN

Admin disdikpora | 23 Desember 2021 | 207 kali

BULELENG JADI SASARAN SUPERVISI DIREKTORAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN KHUSUS KEMENDIKBURISTEK RI TERKAIT PROGRAM KEAKSARAAN 


Singaraja, Kamis,  23 Desember 2021 l DISDIKTODAY

Seijin Kepala Disdikpora Buleleng, hari ini Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata S. Pd, M. A. P didampingi Kasi Kurikulum PAUD dan PNF,  Komang Sudarsana, S. Pd, menerima kunjungan  dari  Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbudristek RI,  Kamis, 22/12/21.



Sekdisdikpora Kab. Buleleng  saat menerima berkesempatan menjelaskan secara umum bagaimana kondisi Pendidikan di Kabupaten Buleleng. Selain itu selama ini program kegiatan yang ada di Disdikpora Buleleng baik itu dimulai dari program kegiatan yang di danai dari APBD maupun program kegiatan yang di danai dari pusat sudah berjalan dengan baik. 


Selain itu Disdikpora Buleleng melalui kegiatan kepramukaan khususnya dalam Satuan Widya Budaya Bakti (SWBB)  sudah melakukan Kolaborasi  untuk ikut serta berpartisipasi dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan parktis bidang pendidikan dan kebudayaan khususnya pendidikan anak usia dini, non formal dan informal, seni dan film, tradisi, sejarah, nilai budaya, cagar budaya dan museum yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan guna menciptakan lapangan pekerjaan. Sekedar informasi bahwa telah dikukuhkan sebanyak 20 orang untuk menjadikan anggota Krida khususnya krida pendidikan masyarakat, krida anak usia dini dan krida pendidikan kecakapan hidup sebagai upaya peningkatan kualitas SDM kedepannya. Sebelumnya  tim dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbudristek RI melakukan kunjungan ke PKBM Hasta Krida, Desa Penarungan dan pada kunjungan terakhir menyasar SPNF - SKB Kabupaten Buleleng.


Ketika diwawancarai tim Disdiktoday, Firman selaku  fungsi keaksaraan Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbudristek RI bersama A. D. S Mumahad Alfian  dan Subheki, mengungkapkan bahwa  tujuannya dalam rangka supervisi melihat sejauh mana para penyelenggara melaksanakan program pendidikan keaksaraan. Selain itu juga medapatkan  data fakta secara riil di lapangan yang nantinya akan menjadi bahan masukan untuk kedepannya apa saja yang perlu dibenahi. 


Sejauh ini  dalam memberikan bantuan

 keaksaraan di Kabupaten Buleleng yaitu melalui data dasar dari BPS  dengan kategori presentasi dimana masih terbilang wilayah terpadat buta aksara. Ditahun 2021 ada 79 Kabupaten  dan 3 diantaranya ada di Bali  seperti Kabupaten  Buleleng, Bangli dan Karangasem. 


Perlu diketahui bersama bahwa di tahun 2021 ini, Buleleng mendapat luncuran BOP Keaksaraan dengan sasaran 700 orang warga buta aksara. Bantuan tersebut langsung diterima dan dikelola oleh  7 Lembaga PKBM dan SPNF Kabupaten Buleleng dibawah koordinasi dan pengawasan dari Disdikpora Kabupaten Buleleng.


Dengan adanya kunjungan semoga bisa memberikan manfaat yang baik, terjalinnya komunikasi yang berkelanjutan dan apapun masukan serta saran akan menjadi bahan bagi Disdikpora Kabupaten Buleleng untuk terus mengawal dan memajukan pendidikan  khususnya pendidikan masyarakat  dan pendidikan khusus di Kabupaten Buleleng.