(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BULELENG JADI TUJUAN KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR PENDIDIKAN PROFESI GURU DITJEN GTK KEMENDIKBURISTEK

Admin disdikpora | 22 Juni 2022 | 253 kali

BULELENG JADI TUJUAN KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR PENDIDIKAN PROFESI GURU DITJEN GTK KEMENDIKBURISTEK

Singaraja, Rabu 22 Juni 2022 | DISDIKTODAY 

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M .Pd didampingi Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M pagi ini menerima kunjungan kerja Direktur Pendidikan Profesi Guru Ditjen GTK Kemendikburistek bertempat di ruang rapat kantor Bupati Buleleng, rabu 22/6/22.


Tujuan Kedatangan Direktur PPG Kemendikbudristek, Temu Ismail bersama tim adalah tindaklanjut pendukung adanya program merdeka belajar. Ada beberapa tranformasi yang ditetapkan, sehingga tujuan  dari merdeka belajar bisa tercapai transformasi  Guru dan tenaga kependikan Penggerak sebagai transformasi  kepemimpinan yang saat ini sudah berjalan yang disebut dengan program guru penggerak. Selain itu ada juga transformasi PPG Pra -Jabatan, transformasi pemberdayaan ekosistem di setiap Provinsi, transformasi  kegotong royongan keterlibatan masyarakat ( program organisasi penggerak)  dan penyelasaran penyelusaian kebijakan dan regulasi.Kedepan Guru dan tenaga Kependidikan diharapkan menjadi agen perubahan untuk mendorong terwujudnya merdeka belajar dan tentu diharapkan juga ada sinergitas atas kebijakan pusat dan pelaksanaannya di daerah sehingga adanya kesinambungan program.


Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng saat membacakan sambutan Bupati Buleleng menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kerja ke Kabupaten Buleleng.Dari urusan pendidikan sampai saat ini Buleleng masih menempatkan permasalahan pemeratan aksesbilitas dan kualitas pendidikan menjdi isu strategis yang perlu dicarikan solusi serta stategi yang sesuai untuk mengatasinya. Bapak Bupati Buleleng Sejak awal di luncurkan program merdeka belajar  sudah berkomitmen untuk mengawal pelaksanaannya secara oprimal.Hal ini dikarenakan pada pembelajaran peradigma baru ini dirasakan dengan adanya program-program ini dirasa mampu menyelesaikan pendidikan di daerah secara lebih komprehensif dan holistik.


Dalam Peningkatan akses pendidikan bagi personal Pemerintah Kabupaten Buleleng sangat mengapresiasi Program Indonesia Pintar yang diluncurkan Pemerintah.Program ini sudah terlaksana dengan baik di Kabupatn Buleleng serta mengantarkan Disdikpora Kabupaten Buleleng sebagai pengelola PIP terbaik 1 tahun 2021 tingkat Nasional.

Menjawab kebutuhan guru, Pemerintah Kabupaten Buleleng telah melaksanakan seleksi PPPK bagi guru serta telah diserahkan SK Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahap 1 dan tahap 2 oleh Bapak Bupati Buleleng.


Disisi lain,  Kepala Disdikpora Made Astika berkesempatan melakukan pemaparan sekaligus bercerita bagaimana implementasi merdeka belajar di Kabupaten Buleleng.Dari total 20 episode merdeka belajar, 10 episode sudah dilaksanakan sesuai dengan kewenangan. 


Lebih lanjut,  tentang Program Guru Penggerak, Program Organisasi Penggerak dan Program Sekolah Penggerak.Perlu diketahui bersama bahwa Untuk program Organisasi Penggerak ada tiga organisasi yang telah bergerak menyasar sekolah – sekolah di Buleleng.Begitu juga dengan Program Guru penggerak  Angkatan 2 dan 5 sudah diikuti oleh para guru dari semua jenjang.Sementara itu, satuan pendidikan dari jenjang PAUD, SD dan SMP ikut dalam program Sekolah Penggerak  angkatan 1, 2 dan 3.


Sebagai implementasi Permendikbubristek nomor 40 Tahun 2021 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah.Dimana beberapa guru penggerak yang sudah memenuhi syarat sudah diangkat menjadi kepala sekolah.


Terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, Sekolah-sekolah yang sudah menjadi tercatat menjadi sekolah penggerak wajib melakukan desiminasi kepada sekolah lainnya yang belum masuk dalam program sekolah penggerak.Dengan dukungan Disdikpora Kabupaten buleleng serta dibarengi Kolaborasi MKKS SMP secara serentak telah melaksanakan workshop in house training  ( IHT) Implementasi kurikulum merdeka.


Susai acara seremonial dan penyerahan cinderamata,  dilanjutkan dengan diskusi yang diisi oleh bapak ibu guru penggerak.Dalam kunjungan kerja ini turut hadir perwakilan dari Disdikpora Provinsi Bali,Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bali Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Bali serta pejabat lingkup keraj Disdikpora Kabupaten Buleleng.


Harapan kedepan guru-guru penggerak agar terus meningkatkan kompetensi diri, menjadi pembelajar sepanjang hayat, yang nantinya mampu menjadi pemimpin-pemimpin pendidik di masa depan untuk mewujudkan generasi unggul.