(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADIS ASTIKA HADIRI PEMBUKAAN PERINGATAHN HARI PRAMUKA KE - 63 TAHUN 2024

Admin disdikpora | 22 Agustus 2024 | 883 kali

KADIS ASTIKA HADIRI PEMBUKAAN PERINGATAHN HARI PRAMUKA KE - 63 TAHUN 2024


Singaraja, Kamis 22 Agustus 2023 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Made Astika ,S.Pd., M.M., juga selaku Wakil Ketua 1 Bidang Pembina Anggota Muda dan Anggota Dewasa menghadiri kegiatan pembukaan Peringatan Hari Pramuka ke-63 di GOR Bhuana Patra Singaraja ( Indoor ) , Kamis (22/8)


Sementara itu, Sekretaris Daerah, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., selaku Kakwarcab Gerakan Pramuka Buleleng membuka Lomba PBB (Peraturan Baris Berbaris) Kreasi, Lomba menggambar.


Dalam Sambutannya, Sekda Suyasa menyampaikan bahwa tema Hari Pramuka ke - 63 asalah Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI. Melalui tema harapan bisa membangun citra positif gerakan Pramuka di Indonesia dan setiap insan pramuka selalu berjiwa Pancasila dan turut serta menjaga NKRI. Dirinya berharap kegiatan ini menumbuhkan semangat disiplin, kreativitas dan karakter dari anggota pramuka sehingga terbentuk profil Pelajar Pancasila.


Perlu diketahui bersama bahwa, beragam kegiatan digelar dibagi dalam kegiatan bakti sosial, kegiatan prestasi dan kegiatan peringatan yang dilaksanakan secara tersebar di Kabupaten Buleleng, bahkan dalam ajang giat prestasi digelat Lomba Baris Berbaris hingga kompetisi Mobile Legend Bang Bang (MLBB).


Kompetisi Mobile Legend Bang Bang digelar untuk mencari bibit-bibit andal dalam kompetisi e-sport, khususnya pada divisi MLBB. Dalam kompetisi tersebut, Kwarcab Buleleng menggandeng Pengkab E-Sports Indonesia (ESI) Buleleng, serta Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng.


Ketua Panitia Hari Pramuka ke-63, Ketut Suwarmawan mengatakan, kompetisi itu sengaja digelar untuk menunjukkan bahwa Pramuka harus adaptif dengan perkembangan jaman. MLBB menjadi salah satu permainan yang digandrungi kalangan remaja. Termasuk juga kalangan pramuka. MLBB sudah menjadi salah satu mata lomba resmi dalam kegiatan LT-V Nasional beberapa waktu lalu.


“Lewat Hari Pramuka ini, kami ingin mencari bibit-bibit muda. Mereka bisa disiapkan untuk LT-V, atau rekan-rekan di ESI juga bisa menyiapkan mereka untuk ajang Porprov Bali misalnya. Peserta cukup banyak dan banyak yang berminat dalam ajang ini, tercatat ada 32 tim yang telag mendaftar ke panitia,” kata Suwarmawan.


Selain kompetisi e-sport, sebagai tradisi dan memperebutkan piala bergilir Kakwarcab Buleleng dalam ajang baris berbaris juga digelar untuk tingkat Penggalang (SMP) berupa LKBB Tongkat dan pada tingkat Penegak Pandega (SMA/SMK dan Perguruan Tinggi) digelar Lomba PBB Kreasi. “Lomba ini kita laksanakan selama dua hari, kedua lomba ini sangat menarik setiap tahunnya dan tahun ini kita buat katagori supporter terbaik,” beber Suwarmawan yang juga Kadis Kominfosanti Buleleng.


Lomba lain yang juga dilaksanakan dengan melibatkan anggota Pramuka di Buleleng, diantaranya pada tingkat penegak dan pandega lomba reportase, kemudian di tingkat penggalang yang berada di SD digelar Lomba Kata Nyanyi dan Tari (Kanyita) serta lomba menggambar dengan melibatkan pramuka tingkat siaga.


Sumber berita : https://pramukabuleleng.or.id/