(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PULUHAN SISWA IKUTI LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI FESTIVAL LITERASI DENBUKIT

Admin disdikpora | 28 Maret 2023 | 964 kali

PULUHAN SISWA IKUTI LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI FESTIVAL LITERASI DENBUKIT


Singaraja, Selasa 28 Maret 2023 l DISDIKTODAY


"Secara umum, membaca puisi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan literasi anak. Dengan adanya lomba membaca puisi dapat meningkatkan gairah literasi anak didik kita agar lebih bersemangat lagi dalam menggalakkan literasi. Kegiatan lomba membaca puisi tingkat SMP di Kabupaten Buleleng dapat menjadi awal dari sebuah perjalanan gerakan literasi."


Petikan kalimat diatas sebagian kecil sampai Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.Pd  hadir guna membuka secara resmi Lomba Cipta dan Baca Puisi Festival Literasi Denbukit bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Selasa 28/3/23.


Tak hanya itu, "tentu kegiatan ini sebagai wadah untuk unjuk bakat seni pelajar. Bukan hanya itu saja, kegiatan ini sejalan dengan kurikulum merdeka tentang  kemampuan literasi dasar khususnya literasi baca tulis dan yang terpenting adalah  dengan membaca puisi kita memperkenalkan budaya literasi kepada siswa."jelas Kadisdikpora Buleleng.


Perlu diketahui bersama bahwa Lomba Cipta dan Baca Puisi serangkaian HUT ke - 419 tahun Kota Singaraja diikuti 43 orang siswa.Sebelum para siswa membacakan puisinya,  peserta membuat isi puisi secara langsung dengan tema "BULELENG" . Sementara itu, untuk durasi pembacaan puisi masing - masing peserta diberikan waktu 3 menit.


Disela-sela perlombaan, turut berkenan hadir secara langsung  Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd guna menyaksikan lomba baca puisi.Sementara itu, untuk penilaian Disdikpora Kabupaten Buleleng menghadirkan dewan juri diantara Made Adnyana Ole, Kadek Sonia Piscayanti, dan Tuti Dirgha.Terakhir  bagi para pemenang lomba peringkat  satu sampai tiga serta peringkat harapan satu sampai tiga  akan diberikan piala dan piagam penghargaan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.


Dalam kegiatan ini turut hadir  Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P.,  Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasuta, S.Sn., M.Pd., Kasi Kurikulum SMP, Ketut Suardika, S.H, Subkor Kelembagaan Sarpras SMP, Luh Putu Dian Partina, SE.