(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN TINGKAT KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 16 November 2022 | 79 kali

RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN TINGKAT KABUPATEN BULELENG 


SELASA 15 NOVEMBER 2022 | DISDIKTODAY



Hari ini,  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Made Astika, S.Pd, M.M menghadiri rapat koordinasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial ketenagakerjaan tingkat kabupaten Buleleng yang bertempat di puri saron resort Buleleng (15/11).


Rapat koordinasi ini menindak lanjuti Intruksi Presiden RI mengenai optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dalam Inpres No 2 Tahun 2021.


 Pemerintah kabupaten Buleleng meminta Perusahaan yang ada di Kabupaten Buleleng agar mendaftarkan para pekerjanya untuk mengikuti program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana M.M.A.



Pj Bupati Buleleng menyampaikan, Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, bertujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada para pekerja. Program ini diharapkan mampu menurunkan angka kemiskinan yang ekstrim.


Menurutnya, Ketenagakerjaan berpengaruh terhadap kemiskinan. Untuk itu, seluruh stakeholder ikut bertanggung untuk mendaftarkan pekerjanya untuk ikut BPJS Ketenagakerjaan.  Saat ini, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Buleleng baru mencapai angka 54,09 persen atau 49 juta tenaga kerja dari 92 juta tenaga kerja yang ada di Kabupaten Buleleng.


“Semuanya harus ikut terlibat, sehingga Kabupaten Buleleng bisa meningkatkan jumlah kepesertaan dalam program BPJS Ketenagakerjaan, termasuk juga pegawai non ASN di Pemkab Buleleng,” katanya.


Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan untuk memasukan Pemangku kahyangan tiga dan kahyangan jagat ikut dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.