(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENDAMPINGAN PENGISIAN LEMBAR PERENCANAAN BERBASIS DATA (PBD) PAUD TAHUN 2022

Admin disdikpora | 05 September 2022 | 1444 kali

PENDAMPINGAN PENGISIAN LEMBAR PERENCANAAN BERBASIS DATA (PBD) PAUD TAHUN 2022


Seririt, Senin 5 September 2022  l DISDIKTODAY

Tim PBD Kabupaten Buleleng melakukan pendampingan Bimtek Perencanaan Berbasis  Data (PBD) Pendidikan Anak Usia Dini, yang diselenggarakan oleh PKG Kecamatan Seririt, acara dilaksanakan di Aula TK N Pembina Seririt Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. Peserta Bimtek PBD dihadiri oleh 34 Satdik se-Kec.Seririt


Lebih lanjut untuk pembacaan sambutan Kabid PAUD dan PNF  disampaikan oleh Kasi Kurikulum PAUD- dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd, dapat disampaikan bahwa  Perencanaan Berbasis Data (PBD) Pendidikan Anak Usia Dini merupakan bagian terpenting yang harus dilalu oleh satuan pendidikan dalam tahapan menentukan program prioritas yang akan dieksekusi sehingga apa yang merupakan kebutuhan dapat terprogram dan terpenuhi secara bertahap serta berkesinambungan menuju pada layanan PAUD berkualitas. 


Lebih lanjut disampaikan juga oleh Widya Prada Ahli Muda, Eka Titi Suryani, SP., M.Pd bahwa  Perencanaan Berbasis Data (PBD) merupakan perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan dan Pemerintah Daerah menyusun Rencana kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan data (sesuai profil satdik) dan fakta. Disampaikan juga cara pengisian lembar PBD.


Secara umum kegiatan ini diharapkan nantinya bagaimana satuan PAUD dalam melakukan evaluasi diri dan mengidentifikasi permasalahan, melakukan refleksi dari sebuah permasalahan dan membenahinya melalui program dan kegiatan di Satuan PAUD dalam bentuk Rencana Kegiatan Tahunan (RKT). Dari keseluruhan kebutuhan satuan PAUD untuk menjawab berbagai  permasalahan yang dihadapi dapat dipetakan berbagai program salah satunya lebih cermat dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan (RKAS). Keseluruhan rangkaian pada proses PBD ini dapat menjadi solusi bagi Satuan PAUD untuk mencapai perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.


Semoga melalui kegiatan ini Satuan Pedidikan Anak Usia Dini bisa mamahami tentang rapor pendidikan dan melatih peserta membuat perencanaan berbasis data, serta menggunakan rapor dan profil pendidikan sebagai dasar perencanaan dalam program dan anggaran.