(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PULUHAN ANAK PAUD IKUTI LOMBA CELOTEH SERANGKAIAN MEMPERINGATI BULAN BUNG KARNO KE - 5 TAHUN 2023

Admin disdikpora | 05 Juni 2023 | 806 kali

PULUHAN ANAK PAUD IKUTI LOMBA CELOTEH SERANGKAIAN MEMPERINGATI BULAN BUNG KARNO KE - 5 TAHUN 2023


Sukasada, Senin 5 Juni 2023 l DISDIKTODAY

Pagi ini, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M. mewakili Penjabat Bupati Buleleng  secara resmi membuka Lomba Celoteh Anak PAUD serangkaian memperingati Bulan Bung Karno ke - 5 Tahun 2023.


Saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Buleleng dapat disampaikan bahwa Lomba celoteh anak PAUD ini merupakan salah satu wujud untuk membentuk mental anak agar menjadi lebih percaya diri dan bisa mempersiapkan generasi yang smart and comprehensive, generasi yang berkarakter serta selalu menumbuh-kembangkan bakat dan potensi yang dimiliki anak sesuai dengan yang tertuang dalam kurikulum merdeka yang digunakan oleh satuan pendidikan masing-masing.



Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan perkembangan anak dalam tatanan penyelenggaraan proses evaluasi dan pembelajaran yang telah dilaksanakan, melalui ajang Pembinaan Minat, Bakat, dan Kreatifitas Anak Usia Dini, maka kegiatan seperti yang dilaksanakan pada hari ini sangat penting dan bermanfaat dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaran proses pembelajaran yang telah dilaksanakan pada satuan pendidikan.


Melalui momentum Bulan Bung Karno diharapkan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat secara bersama-sama dan masif mengenalkan kepada anak-anak tentang sosok tokoh Ir. Soekarno yang merupakan Bapak Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia serta pencetus konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

  

Sementara itu, dari laporan Plt. Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Dra. Made Sri Suparmi saat membacakan laporan menjelaskan bahwa kegiatan lomba celoteh anak PAUD mempunyai tujuan menciptakan Anak Usia Dini yang bermutu, kreatif dengan orientasi untuk peningkatan mutu pendidikan PAUD serta membentuk mental agar lebih percaya diri serta  meningkatkan kualitas anak-anak sejak usia dini.


Mengambil tempat di Ruang Terbuka Hijau Taman Bung Karno, sebanyak 50 orang peserta  dari 9 Kecamatan di Kabupaten Buleleng terdiri dari Kecamatan Buleleng 10 orang dan 8 Kecamatan lainnya masing-masing sebanyak 5 orang ikut dalam kegiatan ini.Adapun tema pada lomba celoteh ini adalah Mengenal Sosok Tokoh Bung Karno dengan durasi 5 menit untuk para peserta celoteh.Lebih lanjut, bagi para pemenang lomba di berikan hadiah berupa trophy, piagam dan uang pembinaan.


Dalam kegiatan ini turut hadir Widya Prada Ahli Muda Subkor Peserta Didik PAUD dan PNF, Eka Titi Suryani, S.P., M.Pd. Kasi Kurikulum PAUD dan PNF, Komang Sudarsana, S.Pd., M.Pd.,  Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Nyoman Widiari, S.E., Korwil Disdikpora Kecamatan Sukasada serta undangan lainnya.