(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENYAMAAN PERSEPSI PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PSP ANGKATAN 2 PROVINSI BALI TAHUN 2022

Admin disdikpora | 05 Maret 2022 | 275 kali

PENYAMAAN PERSEPSI PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PSP ANGKATAN 2 PROVINSI BALI TAHUN 2022


Kuta, Sabtu 5 Maret 2022 | DISDIK TODAY


Menyongsong Implementasi Program Sekolah Penggerak Angkatan 2, Kemendikbudristek melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (P4TK Penjas-BK) melaksanakan Kegiatan Penyamaan Persepsi Pendampingan Implementasi Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Provinsi Bali Tahun 2022.


Kegiatan dibuka langsung Plt. P4TK Penjas-BK Dr. Sugito Adiwarsito, M.Pd.Or. Dalam arahannya menyampaikan sampai saat ini Kemendikbudristek tetap berupaya mempercepat penyesuaian-penyesuaian dalam mensukseskan program sekolah penggerak. Terlebih saat ini PSP sudah memasuki angkatan 2. Sehubungan dengan itu peran pemangku kepentingan seperti fasilitator dan pokja PSP Provinsi, Kabupaten/Kota. Lebih lanjut disampaikan Program sekolah penggerak hadir untuk merajut kebermanfaatan sebuah ilmu yang dipelajari dalam kehidupan nyata.


Khusus untuk fasilitator yang nantinya sebagai pendamping para kepala sekolah dalam implementasi PSP angkatan 2 ini akan diberikan Bimtek selama kurang lebih 1 bulan mulai 7 Maret - 19 April 2022.


Kegiatan yang berlangsung di Kuta, Badung 5 - 7 Maret 2022 diikuti peserta dari pemangku kepentingan PSP diantaranya LPMP Bali, BP PAUD Dikmas Bali, Dinas Kabupaten Badung, Kabupaten Buleleng, kota Denpasar dan Kabupaten Klungkung.

Sedangkan untuk fasilitator berasal dari Pengawas Sekolah, Praktisi Pendidikan, Akademisi, Pemerhati Pendidikan yang telah lolos dalam seleksi.


Sementara Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili Sekretaris Disdikpora Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd.,MAP didampingi operator PSP Kadek Hendra Kusuma, AMd menyampaikan, sampai saat ini pelaksanaan PSP di Kabupaten Buleleng sudah berjalan dengan baik di angkatan 1. Di angkatan 2 nantinya, dengan adanya persamaan persepsi ini diharapkan pelaksanaan PSP yang menyasar sebanyak 35 jenjang masing-masing PAUD 7, SD 23 dan SMP 5 di Buleleng dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan.


Sebagaimana diketahui Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.