(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

RAHAJENG RAHINA SARASWATI

Admin disdikpora | 22 Oktober 2022 | 617 kali

RAHAJENG RAHINA SARASWATI


Singaraja, Sabtu 22 Oktober 2022 l DISDIKTODAY

Bertepatan dengan Rahina Saniscara Umanis Watugunung yang merupakan Hari Raya Saraswati, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraha Kabupaten Buleleng menyelenggarakan upacara piodalan. Pelaksanaan upacara berlangsung di depan tugu Saraswati yang terletak di halaman kantor dinas, sabtu 22/11/22.


Pelaksanaan sembahyang bersama ini dihadiri Kepala Dinas Penidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M bersama pejabat dan karyawan karyawati jajaran lingkup kerja Disdikpora Kabupaten Buleleng.


Upacara  dipuput oleh Ida Pedanda Gede Giri Purna Arsa sareng Ida Pedanda Istri Kemenuh Saking Griya Semburu Jagaraga.Prosesi upacara diawali dengan pecaruan lan mendak Ida Bhatara.Seusai melaksanakan pecaruan kegiatan diisi dengan sembahyang bersama serta di penghujung acara dilanjutkan dengan tari rejang renteng, tari Gopala, serta  Dharma Wacana dari dalang I Wayan Nardayana, wayang "Cenk Blonk".


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, Hari Raya Saraswati yaitu hari Pawedalan Sang Hyang Aji Saraswati, jatuh pada tiap-tiap hari Saniscara Umanis wuku Watugunung. Pada hari itu kita umat Hindu merayakan hari yang penting itu. Terutama para pamong dan siswa-siswa khususnya, serta pengabdi-pengabdi ilmu pengetahuan pada umumnya.Rahajeng rahina Saraswati semoga Ida Sang Hyang Widhi selalu menganugerahkan ilmu pengetahuan dan kreatifitas yang baik bagi kita semua.