(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG HARAPKAN GURU BISA PAHAM SERTA MEMANFAATKAN FASILITAS RUANGKELAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI MASA PANDEMI

Admin disdikpora | 19 April 2021 | 194 kali

KADISDIKPORA BULELENG HARAPKAN  GURU BISA PAHAM SERTA MEMANFAATKAN FASILITAS RUANGKELAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI MASA PANDEMI

Singaraja, Senin 19 April 2021 |DISDIKTODAY

 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M membuka secara resmi workshop Ruangkelas berbasis daring secara virtual melalui aplikasi zoom metting.Dalam sambutan dan arahan Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa di tengah tantangan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam kondisi dan situasi saat ini yang masih belum memungkinkan untuk 100% siswa melakukan pembelajaran luring secara bersamaan dalam satu ruang kelas, maka Ruangguru mengajukan permohonan izin penyelenggaraan workshop Ruangkelas berbasis daring.

Mencermati bahwa kegiatan ini merupakan solusi menarik dan bersifat gratis, kami mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan, baik kepala sekolah maupun guru jenjang SD dan SMP negeri dan swasta se- kabupaten Buleleng.

 

 

Selain itu, melalui siaran Pers dapat disampaikan bahwa Untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Kabupaten Buleleng, Ruangguru menyelenggarakan Workshop (lokakarya) secara daring dengan memperkenalkan sistem tata kelola pembelajaran jarak jauh atau Learning Management System (LMS) bernama ruangkelas. Acara ini diikuti oleh ratusan guru jenjang SD, SMP, dan sederajat di wilayah pendidikan Kabupaten Buleleng. Selama pelatihan, tim Ruangguru memberikan pemaparan mengenai ruangkelas yang dapat diterapkan secara gratis di sekolah-sekolah. Para guru juga belajar tata cara integrasi data dan pembuatan akun ruangkelas. 

 

 

Teknologi pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru dan siswa baik untuk PJJ selama pandemi maupun ketika sekolah tatap muka nantinya. “Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga senantiasa menempatkan aspek pendidikan sebagai salah satu prioritas yang terus digencarkan. Guna mendukung implementasi pendidikan yang berkualitas, kami berkolaborasi dengan Ruangguru yang mampu menghadirkan solusi dan alternatif teknologi pembelajaran bagi para guru dan siswa di Kabupaten Buleleng. Dukungan Ruangguru dengan inovasi sistem tata kelola pembelajaran jarak jauh ini tentunya relevan dengan kondisi pendidikan saat ini di mana inovasi yang dihadirkan dapat memudahkan para guru dan siswa untuk menjalankan kegiatan belajar” ujar Bapak Made Astika, S.Pd.,M.M., Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.

 

 

Lebih lanjut lagi, kegiatan ini bertujuan untuk mebantu para guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, selain tiu Kadisidkpora juga mengucapkan terima kasih kepada Ruang Guru sudah meluncurkan  program Learning Management System (LMS).Disdikpora Buleleng juga mendukung penuh kegiatan ini, kedepan diharapkan para guru dapat memahami serta memanfaatkan fasilitas ini sehingga pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam penyampaian materi di masa pandemi cobvid-19 bisa berjalan dengan baik.

 

 

 

Selanjutnya ruangkelas merupakan sarana kelas virtual yang memiliki ragam fungsi yang mudahdigunakan oleh guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar, terutama dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Melalui fitur ruangkelas, guru dapat mengajar kapan pun dan dimana pun, memberikan tugas, menilai pekerjaan siswa, berdiskusi dengan siswa melalui fitur group chat, dan dapat mengajar secara live teleconference. Ruangguru berharap dapat terus menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintahan, sekolah, dan guru untuk menyediakan teknologi pendidikan yang dapat memudahkan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan, baik di masa pandemi melalui PJJ dan juga di kemudian hari” ujar Amri Ilmma, Kepala Kebijakan Publik Ruangguru yang diwakilkan oleh Fatih Alfali, Government Relations Lead Ruangguru.

 

 

Pasca lokakarya, Ruangguru akan terus mendampingi para guru melalui sebuah komunitas atau grup diskusi. Melalui program ini, para guru dapat mengetahui cara menciptakan pembelajaran aktif selama PJJ, memotivasi siswa, membuat dan memaksimalkan bahan ajar, dan menyusun tugas yang berfokus pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Untuk mendukung transformasi digital di bidang pendidikan dan memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan PJJ, Ruangguru mengembangkan sebuah platform LMS bernama ruangkelas yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh guru di Indonesia. Ruangkelas telah digunakan oleh lebih dari 13 ribu sekolah yang tersebar di 440 kabupaten/kota.