(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

BUKA LDKS, KADISDISKPORA HARAP SISWA MILIKI JIWA KEPEMIMPINAN

Admin disdikpora | 13 Juni 2022 | 1081 kali

BUKA LDKS, KADISDISKPORA HARAP SISWA MILIKI JIWA  KEPEMIMPINAN 


Seririt, Senin 13 Juni 2022 l DISDIKTODAY

"Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau LDKS  adalah tempat untuk penggemblengan seorang siswa menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh. Kegiatan LDKS biasanya dilakukan setiap tahunnya dalam rangka menyeleksi siswa yang akan masuk sebagai pengurus OSIS.


Latihan Dasar Kepemimpinan siswa  bukan hanya dikhususkan pada siswa yang akan menjadi pengurus OSIS saja, akan tetapi memiliki tujuan lebih dari itu. Lewat LDKS diharapkan bisa membantu terbentuknya siswa dengan karakter dan kepribadian yang tangguh agar nantinya mampu menjadi pemimpin masa depan yang sukses." 


Seperti itulah sekilas penyampaian sambutan dan arahan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S. Pd, M. M saat membuka secara resmi Latihan  Dasar Kepemimpinan  Siswa ( LKS) Tahun 2022 SMP N 1 Seririt,  didampingi Pengawas Manajerial Disdikpora Kabupaten Buleleng, Wakil Kepala sekolah, Senin 13/6/22.


Lebih lanjut, manfaat siswa mengikuti kegiatan ini adalah melatih rasa percaya diri, belajar untuk menyelesaikan masalah, mengasha kemampuan berorganisasi,  memupuk sifat kepemimpinan dan sebagai sarana pengembangan diri. Maka daripada itu, LKDS ini wajib diikuti oleh semua calon pengurus OSIS yang baru sebelum mereka bekerja dalam kepengurusan Organisasi Intra Sekolah tersebut. LDKS menjadi syarat wajib bagi siswa yang akan masuk sebagai pengurus OSIS di sekolah.Siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS tersebut harus lebih dulu mengikuti kegiatan dalam LDKS sebelum bekerja sesuai tugasnya dalam struktur organisasi.


Harapan Kadisdikpora Buleleng kepada seluruh siswa yang ikut dalam kegiatan ini nantinya adalah siswa - siswi sebagai calon pemimpin bangsa yang telah dilatih bisa mengamalkan ilmu – ilmu pengetahuan yang didapat, bisa bermanfaat bagi siswa tersebut dan tentunya mampu membanggakan sekolah serta memiliki rasa tanggungjawab yang besar untuk menjadi pemimpin.  


Dari informasi dilapangan kegiatan LDKS mengambil tema "menyiapkan generasi yang berkualitas, berkarakter, berdedikasi tinggi dan berahlak mulia". Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membina pengurus OSIS dan PKS masa bakti 2022/2023 dalam berorganisasi, melatih pengurus dalam memimpin dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 13 Juni 202 sampai dengan 16 Juni 2022 mulai pukul 07.30 - 16.00 Wita bertempat di SMP N 1 Singaraja dengan peserta berjumlah 38 siswa terdiri dari 26 pengurus OSIS dan 12 PKS yang berasal dari kelas 7 dan 8.


Sementara itu, adapun beberapa materi yang akan disampaikan seperti kebijakan pembinaan Kesiswaan dan manajemen organisasi, keterampilan berbicara di depan umum, pelatihan Microsoft word, pelatihan pembuatan program kerja, Gambaran umum sekolah penggerak, anti perundingan dan kekerasan, KSPAN, pemberian materi PBB, tata upacara dan bela negara, budi pekerti, tertib kalau lintas, materi ekonomi kreatif dan lain sebagainya. 


Dipenghujung pemberian sambutan, Kepala Disdikpora Buleleng melakukan pengalungan name tag secara simbolis sebagai tanda kegiatan Latihan Kepemimpinan Dasar Siswa mulai dilaksanakan.