(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KABUPATEN BULELENG JADI TEMPAT TALENT IDENTIFICATION CABOR ATLETIK KEMENPORA RI

Admin disdikpora | 15 November 2023 | 874 kali

KABUPATEN BULELENG JADI TEMPAT TALENT IDENTIFICATION CABOR ATLETIK KEMENPORA RI 

Singaraja, Rabu 15 November 2023 l DISDIKTODAY

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, hadir Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., bersama Ketum Koni Kabupaten Buleleng, I Ketut Wiratmaja, S.H., didampingi Subkor Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Sos, M.A.P menerima kunjungan tim Kemenpora RI bertempat di ruang rapat Koni Kabupaten Buleleng, (16/11).


Rombongan Kemenpora RI yang dipimpin Bambang Siswanto, S.Pd., M.Pd., selaku PJ Pemanduan Bakat dan Identifikasi Bakat saat memberikan sambutan Bimtek Talent Identification Cabor Atletik menyampaikan bahwa Kemenpora saat ini sedang melakukan pengembangan atlet dengan progres pelatihan jangka panjang. Identifikasi ini bertujuan untuk melihat dan mencetak atlet-atlet baru untuk nantinya dapat berprestasi di daerah, provinsi, nasional, bahkan sampai internasional.

 

Identifikasi bakat ini diikuti 300 pelajar usia 12 sampai dengan 15 tahun ( jenjang SMP). Cara identifikasinya, dengan menggunakan 10 item bidang olahraga yang, yang catatan capaian siswa dan siswi ini akan diinput, selanjutnya data yang keluar dijadikan patokan di kategori mana pelajar akan dibina.


Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Disdikpora  Kabupaten Buleleng dan Koni Kabupaten Buleleng sebelumnya sudah melakukan pengukuran tinggi badan terhadap 500 orang peserta dan sudah terjaring menjadi 300 orang peserta.Kabupaten Buleleng menjadi salah satu tempat pelaksanaTalent Indentification Cabor Atletik dari 3 total Kabupaten Se - Indonesia.


Untuk selanjutnya dari tanggal 16 sampai dengan 18 November 2023 diadakan Talent Identification Cabor Atletik bertempat di GOR Bhuana Patra Singaraja dengan instruktur pusat terdiri dari Wenny D Pangerapan selaku Staf Asdep Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi dan Dr. Budi Aryanto,  Dr. Sujarwo, Dr. Ernawan dari Dosen Universitas Negeri Yogyakarta.


Sementara itu Disdikpora Kabupaten Buleleng Sudah mempersiapkan 20 orang trainer terdiri dari 10 dari PASI ( Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ) Kabupaten Buleleng dan 10 orang dari Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Buleleng.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenpora bekerjasama dengan Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng serta Koni Kabupaten Buleleng  ini menjadi langkah awal pemerintah daerah untuk membina dan mengarahkan bakat anak-anak kota pekalongan untuk kedepan dapat berkiprah di bidang olahraga yang sesuai dengan bakat masing-masing.