(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADIS ASTIKA, PRESENTASIKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DISDIKPORA KABUPATEN BULELENG

Admin disdikpora | 28 November 2023 | 904 kali

KADIS ASTIKA,  PRESENTASIKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DISDIKPORA KABUPATEN BULELENG 

Singaraja, Selasa 28 November 2023 l DISDIKTODAY

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2022, bahwa untuk mengukur tingkat kepatuhan Badan Publik dalam pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik, Komisi Informasi melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP).


Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M.  hari ini melakukan presentasi terkait mengukur tingkat kepatuhan Badan Publik dalam melaksanaan keterbukaan informasi publik yang digelar Komisi Informasi Provinsi Bali secara daring. 


Dalam presentasi tersebut Kadisdikpora Astika memaparkan apa saja produk layanan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.Selain itu, beberapa inovasi seperti E-PPDB, Virtual Back Office (VBO) LASCARYA (Lancar, Jelas dan Terpercaya )  juga presentasikan dihadapan Tim Monev Komisi Informasi Bali. Sejauh ini VBO LASCARYA merupakan implementasi Rancangan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrasi Ak. 1 tahun 2023 atas nama  Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P selaku Sekretaris Disdikpora.


Dikatakan, bahwasannya aplikasi berbasis google site belajar.id ini memuat dokumen lembaga yang dibutuhkan oleh para pengambil kebijakan, pejabat berwenang sebagai bahan informasi dunia pendidikan di Buleleng. Aplikasi bernama VBO-Lascarya ini merupakan dokumen lembaga dalam bentuk agregat, secara jelas,  sumbernya terpercaya, cepat  kapanpun pimpinan membutuhkan data dengan cepat didapat. Aplikasi ini tidak bersifat umum hanya saja untuk kebutuhan internal dan pimpinan.


Lebih lanjut, dijelaskan pula mengenai Alur pengaduan, alur pelayanan, bersurat ke Disdikpora melalui Whatsapp sebagai Langkah untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien dalam pengiriman surat-menyurat yang ditujukan ke Disdikpora Kabupaten Buleleng. Keberadan website Disdikpora Kabuapaten Buleleng juga terus dimanfaatkan agar publik dapat mencari informasi secara mandiri baik untuk informasi yang wajib disediakan secara berkala, informasi yang wajib tersedia setiap saat, dan informasi yang wajib diumumkan serta merta.Plaftform media sosial seperti pemberitaan dikemas dengan nama Disdiktoday, Facebook, Instagram, tik tok dan youtube juga menjadi media informasi untuk menyampaikan kegiatan di Disdikpora Kabupaten Buleleng.Sebagai upaya layanan Disdikpora Kabupaten Buleleng juga membuka layanan survei kepuasan Masyarakat serta di LAPOR SP4N Buleleng (www.lapor.go.id) atau melalui kotak pengaduan yang disediakan.


Sebelumnya Pengisian Kuisioner oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng  sudah terlaksana secara elektronik pada tanggal 7 September s/d 7 Oktober 2023.Verifikasi Kuisioner juga telah dilakukan oleh Tim Monev pada 9 s/d 31 Oktober 2023 sampai dengan  Pengiriman Video Presentasi pada 1 s/d 21 Nopember 2023.


Perlu diketahi bersama bahwa monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi dalam penjelasannya menyatakan bahwa evaluasi ini merupakan kewajiban dari Komisi Informasi untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja PPID, baik PPID utama maupun pada PPID pembantu, dengan maksud dan tujuannya adalah agar dapat mewujudkan pelayanan dan penyelenggaraan informasi dan dokumentasi publik yang baik, efektif, terbuka, dan dapat dipertanggungjawabkan.