(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SOSIALISASI DAN COACHING CLINIC CPP DAN CGP PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 5

Admin disdikpora | 21 Oktober 2021 | 171 kali

DISDIKPORA BUELLENG GELAR SOSIALISASI DAN COACHING CLINIC CPP DAN CGP PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK ANGKATAN 5

Singaraja, Kamis 21 Oktober 2021 |  DISDIKTODAY 

Dalam Rangka Percepatan Program Calon Guru Penggerak angkatan 5 (lima) di Kabupaten Buleleng dan menindaklanjuti surat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling Nomor 3769/B6.2/GT.04.00/2021 tertanggal 14 Oktober 2021 perihal Sosialisasi dan Coaching Clinic CPP dan CGP maka Dinas Penddikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten buleleng bekerjasama dengan PPPPTK Penjas dan BK menggelar sosialisasi dan coaching clinic CPP dan CGP Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan SLB se- Kabupaten Buleleng bertempat di Korwil Disdikpora Kecamatan Buelleng, Kamis, 21/10/21.



Mewakili Kadisdikpora Kabupaten Buleleng , Kegiatan dibuka oleh Kasi GTK SD, Ketut Suardika, S.H . Program PGP diselenggarakan dalam rangka memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing.



Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Program ini adalah berumunculannya Guru Penggerak. Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak diharapkan mampu menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru Penggerak juga mampu menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.



Sementara itu  untuk para peserta diwajibkan  membawa Laptop dan Dokumen Kelegkapan yang akan di unggah.Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dan di bagi menjadi tiga wilayah barat, tengah dan timur.Pada sesi pertama diikuti oleh Satuan Pendidikan di  wilayah kecamatan Tejakula, Kubutambahan dan Sawan, dihari kedua  kecamatan Sukasada , Buleleng dan Banjar, dan besok menyasar   kecamatan gerokgak , Busungbiu dan Seririt.