(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TRANSPORMASI PENDIDIKAN WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR , DISDIKPORA BULELENG GELAR SARASEHAN PENGAWAS SEKOLAH

Admin disdikpora | 21 November 2022 | 403 kali

TRANSPORMASI PENDIDIKAN WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR , DISDIKPORA BULELENG GELAR SARASEHAN PENGAWAS SEKOLAH


Singaraja, Senin 21 Nopember 2022 | DISDIKTODAY

Serangkaian Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Saresehan Pengawas Sekolah  Kabupaten Buleleng dengan tema “ Transformasi Tugas Pengawas Sekolah Mendukung Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka” bertempat di aula Kantor Dinas, Senin, 21/11/22.


Sarasehan dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M didampingi Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P.Dalam arahan dan sambutan Kadisdikpora Buleleng dapat disampaikan bahwa dalam dunia pendidikan, dengan  telah diluncurkannya  kurikulum merdeka maka hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama. Perubahan yang sangat mendasar pada kurikulum  tersebut yakni “Merdeka Belajar” dimana proses pembelajaran yang memerdeka-kan peserta didik, sehingga pengelolaan pendidikan diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran agar berdampak positif dalam aspek kehidupan. Mulai dari aspek fisik, mental, jasmani dan rohani dalam dunia Pendidikan.


Terciptanya “Merdeka Belajar” sangat dipengaruhi oleh profil guru dan profil kepala sekolah pada setiap satuan pendidikan.Adapun beberapa Profil Guru yang diharapkan diantaranya  Mengembangkan diri dan Guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri, Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik,  Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan melibatkan orang tua, Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan siswa serta  Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada siswa dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.


Selain itu, Profil Kepala Sekolah juga diharapkan mampu Mengembangkan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik,  Mewujudkan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif, Membangun budaya refleksi dalam pengembangan warga satuan Pendidikan dan pengelolaan program Satuan Pendidikan; dan Meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik.




Lebih lanjut, Kadisdikpora Made Astika mengungkapkan bahwa ”Momentum Hari Guru Nasional saat ini sangat baik diisi dengan melaksanakan kegiatan Saresehan yang melibatkan semua Pengawas Sekolah di Kabupaten Buleleng. Melalui kegiatan ini kita akan mendengarkan pendapat seseorang yang telah berpengalaman dalam bidangnya, untuk membicarakan suatu permasalahan tertentu dengan cara diskusi, di mana suasana berlangsung santai, dan setiap peserta juga bisa berinteraksi langsung dengan pembicara. 


Sebagai penanggung jawab pendidikan di Kabupaten Buleleng,  saya berharap sarasehan ini akan mampu membangun sebuah sebuah diskusi yang positif, saling berbagi pengalaman, saling berbagi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pengawas sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. tentu pada akhirnya hal-hal yang baik dapat dikontribusikan lebih optimal terhadap kualitas pendidikan di Kabupaten Buleleng.” Ungkap Kadisdikpora Buleleng.


Dalam Kegiatan ini turut hadir, Kasi GTK SD, Ni Luh Putu Lasmini, S.H, Kasi GTK SMP, Wayan Widiada, S.E.  perwakilan dari Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Jajaran APSI Buleleng baik pengurus maupun anggota, Korwil Disdikpora Kecamatan , Korwas Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ketua MKKS SMP Kabupaten Buleleng dan Ketua KKKS SD  Kabupaten Buleleng. Kedepan,  melalui  sarasehan ini semoga menjadi awal yang baik bagi peserta untuk menciptakan sebuah pola pengembangan pendidikan melalui pola pembelajaran yang memerdeka-kan peserta didik dan terjadi transformasi dalam  dunia pendidikan di Kabupaten Buleleng.