(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PEMANTAUAN PELAKSANAAN UJIAN DI SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR

Admin disdikpora | 04 Mei 2021 | 366 kali

PEMANTAUAN PELAKSANAAN UJIAN DI SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR 

 

Singaraja, Selasa, 4 Mei 2021 l DISDIKTODAY

 

Berkenaan dengan pelaksanaan Ujian oleh Satuan Pendidikan jenjang SD di Kabupaten Buleleng, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Kepala Bidang Pembinaan SD, I Nyoman Darta, S.Pd, M.Pd didampingi oleh Kepala Seksi Kurikulum SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd, M.Pd, melaksanakan pemantauan terhadap pelaksanaan ujian dimaksud.

 

Adapun Satuan Pendidikan Jenjang SD yang dipantau tersebar di beberapa kecamatan meliputi kecamatan Buleleng yaitu SD Negeri 1 Banjar Jawa dan SD Negeri 3 Banjar Jawa, Kecamatan Kubutambahan yaitu SD Negeri 1 Kubutambahan, dan Kecamatan Banjar yaitu SD Negeri 2 Kaliasem.

 

Berdasarkan hasil pemantauan diperoleh hasil bahwa SD Negeri  1 Banjar Jawa dan SD Negeri 3 Banjar Jawa melaksanakan Ujian Sekolah dalam bentuk tes dengan moda full daring (dalam jaringan) dengan mengunakan platform Google Form. Platform Google Form yang digunakan dalam pelaksanaan tes ujian sekolah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga soal ujian bisa diacak, menggunakan batasan waktu (tme limited), dan menggunakan sistem open closed. 

 

 

Sedangkan di SD Negeri 1 Kubutambahan, dan SD Negeri 2 Kaliasem Ujian Sekolah dilaksanakan dalam bentuk tes dengan moda luring (luar jaringan) melalui tatap muka. Mengingat situasi kenormalan baru di era pandemi covid-19 maka pihak sekolah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 di wilayah masing-masing. Selain hal tersebut kewajiban penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat seperti Menggunakan Masker dan alat pelindung tambahan berupa face sheild, Mencuci Tangan dengan air mengalir dan/atau handsanitizer, dan pengaturan jarak.

Dan berdasarkan pemantauan di beberapa SD yang dikunjungi terpantau 100 % siswa kelas 6 pada SD yang bersangkutan mengikuti Ujian Sekolah. Selain hal tersebut pemantaun terhadap pelaksanaan Ujian Oleh Satuan Pendidikan Jenjang SD di Kabupaten Buleleng juga dilakukan dengan survey melalui pemanfaatan platform Google Form, setiap satuan pendidikan SD mengisi instrumen yang sudah disediakan pada laman yang telah tersedia.