(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN KOSP JENJANG SD DI KECAMATAN GEROKGAK

Admin disdikpora | 03 Juli 2024 | 1052 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR WORKSHOP PENYUSUNAN KOSP JENJANG SD DI KECAMATAN GEROKGAK


Banyupoh, Rabu  3 Juli 2024 l DISDIKTODAY

Kepala seksi kurikulum dan peserta didik pembinaan SD, I Ketut Agus Susilawan, S.Pd., M.Pd., bersama Komunitas Belajar Pengembang dan Penyusun Kurikulum di kecamatan Gerokgak melaksanakan Workshop Penyusunan KOSP jenjang SD Di kecamatan Gerokgak.


Mengambil tempat di SD N 1 Banyupoh, kegiatan diikuti 90 orang peserta meliputi kepala sekolah dan tim pengembang dan penyusun kurikulum. Fasilitator dalam kegiatan ini adalah kepala sekolah penggerak angkatan 1 dan kepala sekolah penggerak angkatan 2 di wilayah kecamatan Gerokgak.


Perlu diketahui bersama bahwa sekolah atau setiap satuan pendidikan harus mulai berfokus menyusun kewajiban untuk memiliki Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). KOSP adalah kurikulum yang disusun oleh sekolah berdasarkan struktur kurikulum dan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan kata lain, KOSP adalah kurikulum merdeka di tingkat satuan pendidikan yang memuat semua rencana proses belajar. 


KOSP di setiap sekolah biasanya berbeda, karena kondisi dan karakter tiap sekolah tidaklah sama sehingga harus menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Pada akhirnya, KOSP dijadikan sebagai sebuah dokumen yang berisi rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan. Sebagai catatan, dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan diharapkan menjadi dokumen yang dinamis, bisa diperbarui secara berkesinambungan, menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan, dan terus dikembangkan