(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG TUNTASKAN ROADSHOW PENGIMBASAN BIMTEK PBD PAUD KE SELURUH KECAMATAN

Admin disdikpora | 05 Agustus 2023 | 807 kali

DISDIKPORA BULELENG TUNTASKAN ROADSHOW PENGIMBASAN BIMTEK PBD PAUD  KE SELURUH KECAMATAN 

Buleleng, Sabtu 5 Agustus 2023 l DISDIKTODAY

Tim PBD Kabupaten Buleleng melakukan Penguatan Sulingjar, Perencanaan Berbasis  Data (PBD) dan Dapodik Pendidikan Anak Usia Dini, yang diselenggarakan oleh PKG Kecamatan di wilayah masing-masing.


Rangkaian Pengimbasan Sulingjar (Survei Lingkungan Belajar), PBD dan Dapodik  PAUD dimulai dari Kecamatan Gerokgak tepatnya di Perpustakaan Desa Banyupoh Kecamatan Gerokgak  pada hari jumat  tanggal 4 Agustus 2023. Peserta Bimtek PBD dihadiri oleh 34 Satdik se-Kecamatan Gerokgak. 


Kegiatan Pengimbasan Sulingjar, PBD dan Dapodik PAUD dibuka secara langsung oleh Disdikpora Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh koordinator wilayah Kecamatan Gerokgak, didampingi oleh Penilik Kecamatan Gerokgak untuk Materi Sulingjar dan PBD paud disampaikan oleh Widya Prada Ahli Muda Eka Titi Suryani, S.P. M.Pd dan materi dapodik paud secara teknis disampiikan oleh staf subtansi peserta didik paud pnf, I Komang Budiasa, SE. 


Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah salah satu bentuk evaluasi internal satuan pendidikan yang mengukur kualitas pembelajaran dan iklim satuan yang menunjang pembelajaran pada satuan PAUD. Sulingjar PAUD adalah survei yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas layanan PAUD sebagai bagian dari evaluasi sistem pendidikan. Hasil Sulingjar PAUD akan diolah oleh Kemendikbudristek agar satuan PAUD mendapatkan data yang terorganisir dalam bentuk Profil Pendidikan sehingga memudahkan satuan PAUD dalam melakukan perencanaan dalam bentuk Perencanaan Berbasis Data.


Sulingjar PAUD secara resmi bisa diinput mulai tanggal 25 September sampai dengan  22 Oktober 2023. Kegiatan pengimbasan ini Satdik diajarkan cara  mendapatkan token,  bagaimana cara mengisi sulingjar, Pengisian lembar PBD sampai penginputan, dan pengisian Dapodik PAUD agar sebelum Cut Off Dapodik pada tgl 30 Agustus 2023 satdik bs melakukan penginputan dapodik. 


Secara umum kegiatan ini diharapkan nantinya bagaimana satuan PAUD dalam melakukan evaluasi diri dan mengidentifikasi permasalahan, melakukan refleksi dari sebuah permasalahan dan membenahinya melalui program dan kegiatan di Satuan PAUD dalam bentuk Rencana Kegiatan Tahunan (RKT). Dari keseluruhan kebutuhan satuan PAUD untuk menjawab berbagai  permasalahan yang dihadapi dapat dipetakan berbagai program salah satunya lebih cermat dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan (RKAS). Keseluruhan rangkaian pada proses PBD ini dapat menjadi solusi bagi Satuan PAUD untuk mencapai perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.


Selanjutnya kegiatan pengimbasan Sulingjar, PBD dan Dapodik akan dilakukan pada masing2 kecamatan. Semoga melalui kegiatan ini Satuan Pendidikan Anak Usia Dini bisa mamahami tentang platform rapor pendidikan 2.0.