(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

TERAPKAN APLIKASI PEDULILINGDUNGI, DISDIKPORA BULELENG SIAPKAN SOP DAN VIDEO SIMULASI

Admin disdikpora | 21 September 2021 | 293 kali

TERAPKAN APLIKASI PEDULILINGDUNGI, DISDIKPORA BULELENG SIAPKAN SOP DAN VIDEO SIMULASI

 

Singaraja, Selasa 21 September 2021| DISDIKTODAY

Hari ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Sosialisasi Percepatan Implementasi Aplikasi PeduliLingdungi bertempat diruang Kadis, selasa 21/9/21.

 

 

Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M didampingi Sekretaris Dinas, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P yang diikuti Kabid, Kasi, Kasubbag beserta staf lingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng.

 

 

Acara dimulai dengan pemaparan dari Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Ni Luh Putu Lasmini, S.H menyampaikan bahwa pertemuan ini diadakan atas dasar menindaklanjuti surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penguatan Protokol Kesehatan Dalam tata Kelola Instansi Pemerintah Daerah Dalam Masa Pandemi Covid-19.Perlunya dilakukan penyesuaian tata kelola Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng yang mengedepankan protokol kesehatan dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan pemerintah secara optimal.

 

 

Perlu diketahui bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng telah menyusun Standar Operasional Prosedur(SOP) Protokol Kesehatan Dalam Masa PPKM Level 3. SOP ini diperuntukkan bagi tamu maupun karyawan dan karyawati serta pejabat dilingkup Disdikpora Kabupaten Buleleng. Protokol Kedatangan, Dalam Ruang Layanan Dan Dalam Ruang Kerja meliputi : Setiap Pegawai/petugas pelayanan, pemohon layanan, dan tamu kantor yang memasuki area Disdikpora wajib memakai masker, apabila tidak memakai masker tidak diperkenankan memasuki area Disdikpora. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir/hand sanitizer yang tersedia. Diukur suhu tubuh dengan thermal Gun APD, apabila suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat celcius dapat memasuki area ruang kerja atau mendapatkan layanan. Apabila suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius dimohon periksa  ke  puskesmas atau   rumah sakit terdekat.Mendownload Aplikasi PeduliLindungi serta men scan pada Kode QR untuk pelacakan kontak yang telah tersedia di Lobby utama baik scan chek in (kedatangan) maupun scan chek out(selesai mendapatkan layanan), Kerumunan orang dalam ruang tunggu pelayanan maksimal 10 orang, Menjaga jarak dengan orang lain 1 – 2 meter (Social Distancing), Pembersihan ruang dan sarana pelayanan dengan disinfektan secara berkala dan Menjaga Kebersihan ruangan dan meja kerja dengan membiasakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

 

 

Sementara itu, Kadisdikpora Buleleng saat memberikan arahan menegaskan bahwa pentingnya kesadaran bersama agar semua karyawan dan karyawati mengintsal aplikasi PeduliLindungi. “Dengan Aplikasi ini kita turut membantu  instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).Disdikpora Buleleng juga sudah memasang barcode Aplikasi PeduliLindungi yang dipasang di depan loby kantor dinas.Selain itu Petugas juga sudah selalu stanby untuk menjelaskan dan mengarahkan ketika ada tamu dan pegawai yang memasuki wilayah kerja Disdikpora Kabupaten Buleleng baik dalam menginstal aplikasi ataupun tata cara SOPnya itu sendiri.Selain itu kami juga sudah membuat video tentang penerapan aplikasi PeduliLindungi dan hari ini sudah bisa ditonton melalui channel youtube Disdikpora Kabupaten Buleleng : https://youtu.be/0csakAWxvdw.” Jelas Kadisdikpora Buleleng.

 

 

Lebih lanjut lagi Implementasi Aplikasi PeduliLindungi nantinya akan disosialisasikan kepada seluruh Korwil yang ada di Kecamatan yang nantinya akan diteruskan ke satuan-satuan pendidikan diwilayahnya masing-masing.Untuk memperoleh barcode Aplikasi PedulLindungi di satuan pendidikan tentu akan berkoordinasi dengan Dinaskominfosanti Kabupaten Buleleng.