(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT EVALUASI , PEMERINGKATAN DAN PENYALURAN PPDB JENJANG SMP TP 2023/2024

Admin disdikpora | 30 Juni 2023 | 415 kali

DISDIKPORA BULELENG GELAR RAPAT EVALUASI , PEMERINGKATAN DAN PENYALURAN PPDB JENJANG SMP TP 2023/2024


Singaraja, Jumat 30 Juni 2023 l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, sampai saat ini masih menerapkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara digital.PPDB dilakukan melalui 4 jalur yakni Jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas dan Jalur Prestasi.Dalam pelaksanaannya, akan ada pemeringkatan yang dilakukan jika jumlah calon peserta didik yang melamar melebihi daya tampung sekolah.


Terkait hal tersebut, pagi ni Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M.,  hadir dalam kegiatan Rapat Evaluasi, Pemeringkatan, dan Penyaluran Peserta Didik Baru jenjang SMP Tahun Pelajaran 2023/2024 bertempat di Aula SMK N 2 Singaraja, Jumat (30/6/23)


Menurutnya, poin penting yang perlu ditangani menggunakan sistem informasi PPDB adalah zonasi dan daya tampung di satuan pendidikan. Secara mendasar teknis pelaksanaan masih mengacu pada peraturan sebelumnya, yaitu Permendikbudristek tentang PPDB jenjang PAUD, SD, SMP maupun SMA dan SMK.

 

Dihadapan Kepala Sekolah dan Operator, pihaknya selalu berharap dari tahun ke tahun Pelaksanaan PPDB harus berjalan Objektif, Transparan dan Akuntabel. "Kami dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sesuai kewenangannya wajib menyalurkan kelebihan calon peserta didik baru di satuan pendidikan sehingga tidak ada calon peserta didik yang tercecer sehingga tidak mendapatkan sekolah.Yang terpenting adalah Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Disdikpora Kabupaten Buleleng selalu berkomitmen mewujudkan kesetaraan kesempatan pendidikan bagi masyarakat Buleleng  dari seluruh latar belakang untuk mendapat pendidikan yang berkualitas. " tegas Kadisdikpora Made Astika.


Selanjutnya, untuk sesi tanya jawab dan diskusi dipandu  Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd, M.A.P.,  yang juga selaku ketua PPDB Kabupaten Buleleng.Dalam kesempatan ini masing - masing MKKS SMP kecamatan langsung melaporkan berapa daya tampung sekolah, calon peserta didik yang mendaftar, apakah ada kelebihan siswa yang mendaftar  di sekolah dan juga sebaliknya terkait kekurangan calon peserta didik yang mendaftar di sekolah bersangkutan.


Perlu diketahui bersama bahwa dalam kegiatan ini turut hadir mendampingi Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasuta, S.Sn, M.Pd., Kasi Kurikulum SMP, Ketut Suardika, S.H. dan Ketua MKKS SMP Kabupaten Buleleng, Nyoman Armaja, S.Pd, M.Pd.