(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

MEMPERINGATI HARI GURU NASIONAL 2021, SMPN 8 SINGARAJA RANGKUL ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KOLABORASI DENGAN GURU DALAM HADAPI PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL

Admin disdikpora | 02 Desember 2021 | 298 kali

PRESS RELEASE

MEMPERINGATI HARI GURU NASIONAL 2021, SMPN 8 SINGARAJA RANGKUL ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KOLABORASI DENGAN GURU DALAM HADAPI PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL 


Buleleng – Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2021, SMPN 8 Singaraja menyelenggarakan Seminar Orang Tua pada Kamis, 25 November 2021 yang disiarkan secara langsung pada Bali TV. Seminar ini merupakan salah satu rangkaian pada kulminasi program Lighthouse School yang telah berlangsung sejak pekan awal bulan November 2021.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M, fasilitator Putera Sampoerna Foundation, Lasia Sinuraya, Kepala SMPN 8 Singaraja, Ketut Arya, M.Pd., guru SMPN 8 Singaraja, Ni Made Arisani, S.Pd., serta orang tua dari Kabupaten Buleleng yang diundang secara khusus untuk berbagi pengalaman kepada para pemirsa melalui zoom.

Seminar yang bertajuk Kolaborasi Orang Tua dan Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Pandemi (New Normal) membahas seputar pembiasaan terhadap metode pembelajaran baru yaitu blended learning yang dilakukan di sekolah serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar siswa. 

“Kolaborasi antara sekolah dan orang tua sangat penting untuk dilakukan pada blended learning ini, karena sebagian besar waktu yang dihabiskan oleh anak-anak dalam proses pembelajaran ini ada di rumah. Maka saya berharap juga kepada orang tua untuk terus mengawasi melalui pendampingan dari para tenaga pendidik” ujar Made Astika (25/11).

Selain kolaborasi dengan orang tua, untuk mendukung blended learning SMPN 8 Singaraja mempersiapkan fasilitas yang memadai agar siswa nyaman pada saat belajar di kelas. Pembelajaran yang diterapkan berbasis digital guna meningkatkan minat belajar siswa dan dilakukan real time dengan siswa yang belajar dari rumah. 

“Jadi pembelajaran ini dilakukan berbasis digital kepada siswa untuk mengefektifkan pembelajaran secara daring dan menyenangkan sehingga siswa bisa belajar mandiri serta tertarik pada setiap materi pembelajaran. Kami kolaborasikan dengan yang hadir di sekolah dan yang belajar di rumah. Astungkara sampai saat ini pembelajaran masih berjalan baik” ucap Ketut Arya (25/11).

Arisani menambahkan jika metode pembelajaran yang diterapkan di kelas ini merupakan hasil dari pelatihan serta lokakarya yang telah dilakukan melalui pembinaan Putera Sampoerna Foundation melalui Lighthouse School Program. “Ini menjadi solusi kami para guru terutama pada blended learning ini, serta dukungan dan peran orang tua pun membuat kami tetap bersemangat untuk mengajar”

Lighthouse School merupakan suatu program peningkatan kualitas sekolah secara holistik dan intensif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel, didukung oleh guru-guru berkualitas, terutama pada bidang STEM & Bahasa Inggris dengan menerapkan praktek terbaik pembelajaran internasional. Program ini bertujuan untuk membentuk sekolah model yang efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, yang mencapai/ melampaui Standar Nasional Pendidikan sehingga dapat menjadi referensi bagi sekolah lainnya.

Pada tahun 2020, SMPN 8 Singaraja terpilih menjadi salah satu sekolah yang menjadi binaan Putera Sampoerna Foundation yang didukung penuh oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng pada program Lighthouse School.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada seluruh orang tua dalam menghadapi tantangan dalam mendampingi anak – anak mereka dalam menjalani pembelajaran.

“Harapan kami kepada SMPN 8 Singaraja yang telah mendapatkan stimulus dari program Lighthouse School untuk terus membagikan praktik baik kepada sekolah-sekolah sekitar, dan meningkatkan kolaborasi dengan orang tua” tutup Made Astika.


Bolierplate:

Tentang Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO)

Berdiri pada tahun 2005, Putera Samperna Foundation menginisiasi School Development Outreach sebagai respons terhadap kebutuhan layanan pendidikan berkualitas di Indonesia. Putera Sampoerna Foundation- School Development Outreach (PSF-SDO) memiliki misi meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan kapasitas pendidik dan mutu sekolah demi mewujudkan lulusan berkualitas yang dapat bersaing secara global. Misi ini tertuang dalam tiga flagship program PSF-SDO, yaitu Lighthouse School Program (LSP) , pengembangan sekolah berkualitas melalui pendekatan yang holistic dan komprehensif; Pusat Belajar Guru (Teachers Learning Centre-TLC), sebuah pengembangan sistem pelatihan guru berkelanjutan melalui pembekalan calon guru terpilih sebagai Master Teacher & Pengelola TLC untuk mempercepat peningkatan kualitas guru di kabupaten/ provinsi; dan Guru Binar, sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan daring dan beragama pengembangan profesi lainnya. Melalui platform ini para guru akan mendapatkan akses pelatihan daring bersertifikat hingga 128 jam pelajaran (JP) yang berkualitas dan disesuaikan dengan kebutuhan serta fase belajar setiap pengguna.

Sebagai sebuah organisasi yang terdepan dalam pendidikan, PSF-SDO berkolaborasi dengan berbagai mitra nasional ataupun internasional dalam merancang dan menjalankan beragam inovasi . Hingga saat ini, PSF-SDO melalui program-programnya, telah menjangkau ke lebih dari  33,661 tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas dan pengelola sekolah, 416.109 siswa dan 109,560 orang tua. PSF-SDO terlibat dalam peningkatan kualitas pendidikan di 152 sekolah dan madrasah dan menginisiasi 9 Pusat Belajar Guru di berbagai lokasi di Indonesia. PSF-SDO, melalui Guru Binar, juga telah menjangkau hingga 30.000 guru sebagai pengguna aktif pelantar pengembangan karir guru. 

Untuk informasi lengkap, silakan kunjungi https://www.psfoutreach.com  dan https://gurubinar.id/ 


Kontak:

Gina Augustina Gustan

Communication and Publicity

Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach

HP. 0819-0873-7212

Email : gina.gustan@sampoernaschoolssystem.com