(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG DORONG PAUD HOLISTIK INTEGRATIF HADIRKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS

Admin disdikpora | 13 Mei 2024 | 1296 kali

KADISDIKPORA BULELENG DORONG PAUD HOLISTIK INTEGRATIF HADIRKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS


Singaraja, Senin 13 Mei 2024 | DISDIKTODAY

Pengembangan PAUD Holistik Integratif merupakan strategi pembangunan sejak anak usia dini mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhal mulia. Dalam rangka menjalin koordinasi dan penyamaan persepsi terhadap tindak lanjut yang dapat diupayakan oleh pihak terkait sesuai fungsi dan kewenangan yang dimiliki dalam menyikapi hal tersebut maka Pemerintah Kabupaten Buleleng hadir melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dengan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif bagi Satuan Pendidikan Tahun 2024.


Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., membuka secara resmi  Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif bagi Satuan Pendidikan Tahun 2024 bertempat di hotel Aneka Lovina, Senin, (13/5).


Dalam sambutan dan arahan Kadis Astika menyampaikan bahwa pengembangan anak usia dini holistic integratif yang sering disingkat PAUD HI adalah Upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan sistematis dan terintegrasi.


Dirinya berharap melalui kolaborasi dan sinergi yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di Tingkat Masyarakat yang didukung Pemerintah Daerah dalam pengembangan PAUD HI yang berkualitas guna mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi emas masa depan yang berkualitas dan kompetitif.


Sementara itu, dari laporan Plt. Kabid PAUD dan PNF, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., didampingi Kasi Kelembagaan Sarpras PAUD dan PNF, Nyoman Widiari, S.E. melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah Satuan PAUDdiharapkan  mampu memberikan layanan yang holistik terhadap kebutuhan anak dalam mengembagkan berbagai potensi anak yang mencakup nilai-nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni serta mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak kelak menjadi anak yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan.


Kegiatan akan berlangsung pada hari Senin 13 mei  sampai dengan sabtu 18 Mei 2024. Kegiatan  ini terbagi menjadi 3 Angkatan, setiap angkatan dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Hari pertama dan kedua merupakan angkatan pertama dengan jumlah peserta 70 orang, hari ketiga dan keempat merupakan angkatan kedua dengan jumlah peserta 70 orang, hari kelima dan dan keenam merupakan angkatan ketiga dengan jumlah peserta 60.


Lebih lanjut, untuk narasumner melibatkan Pejabat Disdikpora Kabupaten Buleleng  untuk Materi Kebijakan PAUD dan PNF, Dosen Universitas Pendidikan Ganesha,  Polres Buleleng,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Buleleng, Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Buleleng dan Dinas Kesahatan.