(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BULELENG : PEMUDA PUNYA PERAN PENUMBUHKEMBANGAN WIRASUSAHA

Admin disdikpora | 26 Juni 2024 | 995 kali

KADISDIKPORA BULELENG : PEMUDA PUNYA PERAN PENUMBUHKEMBANGAN WIRASUSAHA


Singaraja, Rabu 26 Juni 2024 l DISDIKTODAY

Pemuda memiliki potensi yaitu energi, kreativitas dan inovasi penguasaan teknologi, yang dapat menjadi peluang dalam penumbuhkembangan wirausaha. Pengembangan kewirausahaan pemuda pada dasarnya bertujuan memperkuat kualitas, keberdayaan, dan potensi positif pemuda serta menjauhkan mereka dari perilaku berisiko.


Petikan kalimat diatas sampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M.,  saat membuka secara resmi Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Kabupaten Buleleng Tahun 2024 di Rangon Sunset, Penimbangan, Rabu (26/6).


Lebih lanjut Kadis Astika dalam sambutannya menegaskan bahwa peran pemuda merupakan komponen penting yang perlu dilibatkan dalam pembangunan sebuah bangsa karena generasi muda memiliki potensi kontribusi yang besar dalam memajukan negara Indonesia khususnya melalui bidang wirausaha.


Lebih lanjut, para peserta diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan baik agar apa yang menjadi penjelasan dari narasumber bisa dicermati dengan baik pula.


"Pemuda merupakan generasi kreatif dan pada saat tepat mereka adalah pencari kerja, atau bisa menyediakan lapangan kerja bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat lain.Manfaatkan peluang yang ada untuk terus berkembang menjadi wirausaha muda yang sukses dimasa yang akan datang."ujarnya 


Sementara itu, dari laporan Kabid Pemuda dan Olahraga , Putu Pasek Sujendra, S.Pd, sekaligus sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 26 sampai dengan 27 Juni 2024 diikuti 1 organisasi kepemudaan (PPI kabupaten Buleleng)dan 13 sekolah dari  SMA/SMK Se-Kabupaten Buleleng.


Sementara itu tujuan diadakannya kegiatan ini adalah  sebagai langkah awal Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk menggali potensi Pemuda dalam berwirausaha dan meningkatkan peranan Pemuda serta penumbuh kreatifitas dalam dunia usaha.Pemuda dalam hal ini menjadi tolak ukur pembangunan di Kabupaten Buleleng, maka dari pada itu sangat diperlukan wadah sebagi upaya pengembangan dan menggali kreatifitas serta langkah awal pembinaan generasi muda Buleleng untuk terjun ke dunia usaha.


Dalam kegiatan ini turut hadir Kasi Pemuda, Trisnayanti.Selama dua hari ini kegiatan akan diisi beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya diantaranya Dr. I Gede Prama, S.St., M.Par dengan materi Peluang Bisnis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bagi Generasi Millenial. ni Kadek Ayu Trisnadewi, S.E., M.M., dengan materi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM dan Drs. I Made Madiarsa, M.M.A dengan materi Startegi Menuju Wirausaha Sukses di Era Milenial.