(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG LAKUKAN PENGAMBILAN DATA SAMPLING SURVEI IPO NASIONAL TAHUN 2024

Admin disdikpora | 28 Juni 2024 | 879 kali

DISDIKPORA BULELENG LAKUKAN PENGAMBILAN DATA SAMPLING SURVEI IPO NASIONAL TAHUN 2024



Singaraja, Jumat 28 Juni 2024 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng melalui Bidang Pemuda dan Olahraga yakni Seksi Pembibitan menyelenggarakan Kegiatan Pengambilan Data Sampling Survei Indeks Pembangunan Olahraga (IPO)  Nasional Tahun 2024.Kegiatan ini dalam rangka survei pengukuran IPO Nasional Tahun 2024, berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga.



Mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, hadir Kabid Pembinaan Pemuda dan Olahraga, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., guna membuka acara tersebut didampingi Subkor Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Sos, M.A.P. bersama Ketua Umum Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Buleleng, I Made Sumarga Jaya dan Lurah Paket Agung, I Putu Artawan, S.Sos.



Sesuai dengan data pusat, Pengambilan Data Sampling Survei IPO Nasional Tahun 2024 di Kabupaten Buleleng tersebar di tiga Kecamatan yang pertama pada hari jumat 28 Juni 2024 di Kecamatan Buleleng tepatnya di Kelurahan Paket Agung melibatkan 30 orang. Sementara itu, untuk tanggal 29 Juni 2024 akan dilakukan di Kecamatan Seririt, Desa Umeanyar dan di Kecamatan Bususngbiu di Desa Kekeran.



Lebih lanjut, dari perwakilan Tim Disdikpora Provinsi Bali saat hadir menyampaikan bahwa data nama maupun hasil  yang ikut dalam tes kebugaran ini akan diinput oleh Provinsi yang selanjutnya akan diteruskan ke pusat.



Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran warga melalui tes kebugaran yang disesuaikan dengan kategori usia. Nantinya Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran melalui olahraga. Dengan meningkatnya kesadaran ini, diharapkan pula dapat mendorong peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Buleleng.



Perlu diketahui bersama bahawa SDI adalah indeks gabungan yang mencerminkan keberhasilan pembangunan olahraga berdasarkan 9 dimensi dasar, yaitu sumber daya manusia olahraga, ruang terbuka, literasi fisik, kebugaran, perkembangan personal, kesehatan, ekonomi, performa dan partisipasi. Salah satu hal penting dalam perumusan berbagai kebijakan olahraga untuk mencapai visi DBON adalah pengukuran Sport Development Index (SDI). Dengan SDI kita bisa melihat seberapa tinggi tingkat capaian partisipasi masyarakat untuk berolahraga.