(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PUNCAK PERINGATAN HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI KE - 78 TAHUN 2023

Admin disdikpora | 25 November 2023 | 1554 kali

PUNCAK PERINGATAN HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI KE - 78 TAHUN 2023


Singaraja, Sabtu 25 November 2023 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., menghadiri Puncak Hari Guru Nasional Tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun ke- 78 Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ) di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Sabtu (25/11).


Dari laporan Kadis Astika menyampaikan bahwa setiap tanggal 25 November merupakan peringatan Hari Guru Nasional yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI ).Perayaan kali ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap peran, dedikasi, serta jasa guru -guru seluruh Indonesia.Guru adalah pendidikan profesional dengan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didiknya.


Sementara itu,  dari sambutan Penjabat Bupati Buleleng yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., berharap para guru memahami kurikulum merdeka belajar dan mampu mengimplementasikannya di seluruh satuan pendidikan masing - masing.


Dari tema HGN bergerak bersama rayakan merdeka belajar menjadi refleksi bahwa subjek belajar bisa memiliki merdeka belajar dengan meningkatkan kompetensi diri. Transformasi guru wujudkan Indonesia Maju menuntut guru bisa mendorong dan memotivasi siswa maju dalam menyukseskan merdeka belajar.Guru juga harus siap dengan segala perubahan, apalagi di era digitalisasi.


Guru merupakan salah satunya faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.


Disisi lain, dari laporan Ketua PGRI Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris PGRI Kabupaten Buleleng, Nyoman Purnayasa, S.Pd., M.M., melaporkan bahwa ditahun ini Pengurus PGRI Kabupaten Buleleng telah menyelenggarakan berbagai even di bidang olah raga, seni, akademik,dan di bidang kemanusiaan yang sebelumnya kami memberikan sumbangsih ke Panti Asuhan, untuk tahun di kami berikan kepada para siswa yang terdampak kemiskinan ekstrim.


PGRI Kabupaten Buleleng juga memiliki program PGRI berbagi. PGRI berbagi merupakan program peningkatan profesionalisme dengan melibatkan guru berprestasi, guru penggerak, guru-guru yang memiliki praktek baik sebagai nara sumber. Program yang telah dilaksanakan adalah memasifkan implementasi Kurikum Merdeka di sekolah-sekolah di Kabupaten Buleleng.