(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA BULELENG HADIRI KOORDINASI TEKNIS PELAKSANAAN DAK FISIK DAN NON FISIK PAUD 2024

Admin disdikpora | 07 Maret 2024 | 1164 kali

DISDIKPORA BULELENG  HADIRI KOORDINASI TEKNIS PELAKSANAAN DAK FISIK DAN NON FISIK PAUD 2024


Jakarta, Kamis 7 Maret 2024l DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Widya Prada  Ahli Muda, Subkor Peserta Didik PAUD PNF, Eka Titi Suryani, SP., M.Pd ditugaskan  mewakili Kadisdikpora Kabupaten Buleleng untuk menghadiri Kegiatan Koordinasi Teknis Pelaksanaan DAK Non Fisik dan DAK Fisik PAUD Tahun 2024 Regional IV  bertempat di Atria Hotel Gading Serpong Tanggerang tanggal 04 s.d 07 Maret 2024.


Pembukaan kegiatan di buka oleh Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diwakili oleh Dr. Sutanto dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) telah terbit. Selanjutnya disampaikan juga Kebijakan BOP PAUD Tahun 2024.

                                                                                                                                                                  Kegiatan selanjutnya disampaikan juga materi Kebijakan PBD PAUD, Mekanisme penyaluran BOP PAUD Tahun 2024, Mekanisme Pengelolaan BOP PAUD Tahun 2024 pada Pemerintah Daerah, Kebijakan DAK Fisik Tahun 2024 dan Perencanaan DAK Fisik Tahun 

2025, Tata cara penilaian kerusakan bangunan gedung sekolah, Pemutakhiran Data Sarpras pada Aplikasi DAPODIK, Perencanaan dan Pelaporan BOP PAUD Menggunakan ARKAS 4, Pengawasan dalam Pengelolaan BOP PAUD Tahun 2024, Kebijakan Pembelanjaan Barang dan Jasa Pada BOP PAUD Tahun 2024 di Satuan Pendidikan, Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, disampaikan juga terkait TPPK.

                                                                                                                                                                    Dalam kesempatan pada saat diskusi dan Pembuatan Rencana Tindak Lanjut, Disdikpora Kab.Buleleng menanyakan beberapa pertanyaan terkit masalah yang ada didaerah seperti:  Bunga Bank yang tidak bisa tercatat pada aplikasi ARKAS , Pergantian Kepala Sekolah yang sudah terinput pada Dapodik tetapi pada saat belanja di siplah masih muncul nama kepala sekolah yang lama, Tantangan kewenangan di Pemerintah Daerah dan Belum adanya Juknis DAK Fisik             dan menyampaikan saran agar Pemerintah menambahkan pada dana DAK Fisik terkait TIK yang sangat dibutuhkan oleh Satuan Pendidikan baik itu PAUD maupun Pendidikan Kesetaraan agar bisa dimunculkan.


Rencana Tindak Lanjut Daerah juga telah diselesaikan, RTL dibuat berdasarkan data pada Rapor Pendidikan Disdikpora Kabupaten Buleleng