(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

HARI GURU NASIONAL "SERENTAK BERINOVASI, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR"

Admin disdikpora | 25 November 2022 | 459 kali

HARI GURU NASIONAL "SERENTAK BERINOVASI, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR"

SINGARAJA, JUMAT 25 NOVEMBER 2022 | DISDIKTODAY

Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Buleleng memperingati  Hari Guru Nasional dan HUT PGRI KE-77 tahun 2022.Pada kesempatan Kali Ini, Pj Bupati Buleleng Ir. ketut Lihadnyana M.M.A secara langsung  mebuka acara ini didampingi Kadisdikpora Kabupaten Bulekeng Made Astika,S.Pd., M.M dan Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, FKPD Buleleng, dan Pimpinan SKPD Terkait.

Hari Guru Nasional bertujuan untuk memperingati dan mengapresiasi peran, dedikasi, serta jasa-jasa para guru Indonesia. Dalam peringatan tahun ini, secara nasional mengusung tema: “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Memperingati Hari Guru Nasional tahun ini, Jajaran Disdikpora Kabupaten Buleleng bekerjasama dan berkolaborasi dengan PGRI, IGI, APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) Kab. Buleleng, Komunitas Guru Penggerak, yang didukung pula oleh MKKS, K3S dan pihak lainnya

Rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Guru Tahun 2022 ini sebenarnya telah dilakukan mulai Oktober 2022 yang meliputi persiapan, lanjut pelaksanaan yang dilakukan secara marathon sejak tanggal 17 November yang lalu melalui Pekan Hari Guru Nasional Tahun 2022. Jenis kegiatannya pun beragam meliputi kegiatan Akademik, Non Akademik dan Sosial. Berbagai lomba yang menyasar guru dari jenjang TK, SD, SMP, sampai SMA/SMK (seperti: lomba artikel, lomba penelitian, lomba karaoke, tenis lapangan, lomba bondres, dan lainnya), serta penganugerahan Saraswati Awards, yang pada tahun ini merupakan pelaksanaan yang kedua. 


Penganugrahan Saraswati Award merupakan salah satu inovasi dari Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam Bidang Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan dan memacu inovasi insan pendidikan yang terencana dan berkesinambungan. Selain lomba yang menyasar sumber daya manusia sekolah, yaitu Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), penghargaan ini perlu juga diberikan kepada satuan pendidikan yang dinilai mampu mengelola sumber daya yang dimilikinya.


Semua jenis kegiatan dan kompetisi tersebut, penyerahan hadiahnya dilakukan secara serentak serangkaian Pekan HGN dan HUT PGRI Tahun 2022 diisi pula dengan kegiatan kegiatan seminar guru, sarasehan pengawas sekolah, dan berbagi praktik baik saling menginspirasi dan memotivasi antar guru.


sambutan dari Pj Bupati Buleleng, Beliau sangat bangga Disdikpora Kabupaten Buleleng telah berperan aktif dalam mendorong para guru di kabupaten buleleng untuk tetap berkreatifitas tanpa batas, terbukti dengan komitmen untuk terus mendukung program pemerintah untuk guru antara lain program sekolah penggerak dan program guru penggerak yang digagas oleh kemendikbudristek melalui program merdeka belajar.


disamping itu juga, atas komitmen dalam mendukung program pemerintah melalui program inovatif untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru dan tenaga kependidikan yang inspiratif. dengan pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para guru dan tenaga kependidikan untuk lebih berinovasi di era merdeka belajar ini yang nantinya akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional sesuai dengan tema hari guru nasional tahun 2022 yaitu serentak berinovasi wujudkan merdeka belajar.