(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

KADISDIKPORA BUKA KOLABORASI PENGUATAN FORUM PEMANGKU KEPENTINGAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Admin disdikpora | 10 Mei 2023 | 792 kali

KADISDIKPORA BUKA KOLABORASI PENGUATAN FORUM PEMANGKU KEPENTINGAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK


Singaraja, Rabu  10 Mei 2023 | DISDIKTODAY

Ratusan Guru dan  Pemangku Pendidikan di Kabupaten Buleleng  dan Kabupaten Jembrana hari ini memenuhi auditorium Hotel Banyualit Spa & Resort guna mengikuti Kolaborasi Penguatan Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak.


Kolaborasi Penguatan Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak Tahun 2023 yang diadakan di Kabupaten Buleleng dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M.


Saat memberikan sambutan dan arahan Kadisdikpora Buleleng menyampaikan bahwa fokus kegiatan yang diadakan di Kabupaten Buleleng dimotori oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali dengan melibatkan Sekolah Penggerak angkatan 1 Kabupaten Buleleng dan Sekolah Penggerak angkatan 3 Kabupaten Jembrana.Tujuan dari forum ini adalah bagaimana kita berkolaborasi dengan stakeholder mulai dari Dewan Pendidikan, Pengawas, Korwil Disdikpora Kecamatan, kepala Sekolah, Komite Pembelajaran, Orang tua siswa, siswa serta pemangku kepentingan lainnya di Daerah seperti Bappeda Kabupaten Buleleng.


Terkait hal tersebut, Kadisdikpora Buleleng  menekankan bahwa “ forum ini nantinya diharapkan ada sebuah sinkronisasi dan kolaborasi kegiatan sehingga apa yang menjadi impian kita bersama untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan di daerahnya masing- masing agar segera tercapai, apalagi menjelang hand over untuk angkartan 1 di Kabupaten Buleleng pada bulan juli.Melalui kegiatan ini kita juga melakukan pendataan apa kebutuhan mereka sehingga transformasi Pendidikan khususnya dalam digitalisasi bisa tercapai. Untuk itu kepala sekolah Program Sekolah Penggerak  harus berani melakukan inovasi, untuk transformasi dari lingkungan sekolah. ”ujar Made Astika. 


Sementara itu, I Gede Mastika, S.P selaku Kapokja Informasi Transformasi Pembelajaran (ITP) dari BPMP Provinsi Bali menjelaskan bahwa sampai tahun anggaran ketiga ini Pemerintah Daerah selalu menunjukkan komitmen sangat tinggi terbukti Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng dalam waktu  dekat ini diundang sebagai narasumber dalam acara pertemuan Kepala Dinas Pendidikan Se- Asia Pasific.Hal ini menunjukan bahwa kesiapan guru, satuan pendidikan dan pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng mendapatkan apresiasi dari Kemendikbudristek.


Lebih lanjut, untuk peserta forum ada 172 orang terdiri Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Pengawas Sekolah, Korwil Disdikpora Kecamatan, Orang tua siswa dan Siswa serta Fasilitator Pemangku Kepentingan lainnya dari Kabupaten Buleleng dan Jembrana.


Terakhir kegiatan ini nantinya diharapkan apa yang menjadi tujuan-tujuan seperti terwujudnya refleksi tentang capaian di Sekolah Penggerak hasil pendampingan bersama fasilitator Sekolah penggerak bisa terungkap.Selain itu,  yang terpenting para peserta bisa berbagi pratik baik,bertukar inspirasi dan tetap meningkatkan sekolah impian dalam mengelola satuan pendidikan kedepannya lebih baik lagi.