(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PULUHAN SISWA SMP SE - BULELENG IKUTI LOMBA MENGGAMBAR SKETSA WAJAH BUNG KARNO

Admin disdikpora | 08 Juni 2023 | 946 kali

PULUHAN SISWA SMP SE - BULELENG IKUTI LOMBA MENGGAMBAR SKETSA WAJAH BUNG KARNO


Sukasada, Kamis 8 Juni 2023 l DISDIKTODAY

Serangkaian Bulan Bung Karno ke - 5 tahun 2023, pagi ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menggelar Lomba Sketsa Wajah Bung Karno jenjang SMP se - Kabupaten Buleleng bertempat di Ruang Terbuka Hijau Taman Bung Karno, Kamis, 8/6/23


Sebelum acara dimulai, kegiatan secara resmi dibuka Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Surya Bharata, S.Pd, M.A.P. mewakili Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng.Dari penjelasan Sekdisdikpora Buleleng saat memberikan arahan menyampaikan bahwa Lomba Sketsa Wajah Bung Karno jenjang SMP se - Kabupaten Buleleng bertujuan memberikan ruang  kreativitas dan mengedukasi  peserta  tentang sosok Bung Karno sebagai Presiden Pertama Republik Indonesia.Selain itu, kegiatan ini juga secara tidak langsung memberikan  pengetahuan  tentang sejarah Bung Karno serta mengamalkan nilai - nilai ajaran Pancasila. 



Lebih lanjut,  kegiatan dengan mengambil tempat di RTM Taman Bung Karno dirasa tepat karena dilihat dari sejarah ibunda Bung Karno berasal dari Buleleng.Setidaknya siswa siswi Buleleng tahu bahwa Buleleng sangat dekat dengan sejarah masa lalu Bung Karno."Jika dilihat  dari elemen profil pelajar Pancasila melalui kegiatan ini siswa diharapkan  berpikir kritis dan kreatif  serta sebagai upaya peningkatan literasi.Tentunya kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan bahkan ke depan pihaknya sudah merencanakan akan menggelar lomba puisi tentang Bung Karno.Selain para juara, seluruh peserta juga akan diberi piagam penghargaan. Bahkan hasil karya dari pemenang akan dipajang di Kantor Disdikpora Buleleng dan untuk peserta lainnya akan dipajang di Sekolah mereka masing - masing," jelas Sekdisdikpora Buleleng.


Sementara itu, untuk teknis penilaian  dari penuturan salah satu juri, Made Saputra dari Pengawas Pendidikan Provinsi Bali  mengatakan bahwa  ada tiga aspek penilaian pada lomba sketsa wajah Bung Karno diantara harus sesuai dengan tema, dari segi teknik arsiran terkait gelap terang dari gambar dan kebersihan serta kerapiannya.


Disisi lain, dari penjelasan Kabid Pembinaan SMP, Putu Primasuta, S.Sn, M.Pd sekaligus sebagai Ketua Panitia menerangkan bahwa untuk jumlah peserta yang ikut sebanyak 49 orang siswa SMP se - Kabupaten Buleleng. "Kegiatan lomba menggambar Sketsa Wajah Bung Karno memang baru pertama kali dilaksanakan. Jika dilihat dari antusias dan respon dari peserta dirasa sangat baik, kedepan pihaknya memastikan kegiatan ini akan tetap diaksanakan". Jelasnya.