(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

SMP N 1 SUKASADA RAIH KANDIDAT SEKOLAH RUJUKAN GOOGLE PERTAMA DI BALI

Admin disdikpora | 05 Februari 2024 | 1285 kali

SMP N 1 SUKASADA RAIH KANDIDAT SEKOLAH RUJUKAN GOOGLE PERTAMA DI BALI

Singaraja, Senin 5 Februari2024 l DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M.,  menyerahkan penghargaan dari Google For Education kepada SMP N 1 Singaraja terkait menjadi salah satu sekolah pertama di Bali berhasil menjadi kandidat Sekolah Rujukan Google bertempat di Halaman kantor Dinas, Senin (5/2).


Seusai menyerahkan penghargaan, Kadisdikpora Astika menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMP N 1 Sukasada karena telah berhasil meraih sebagai kandidat Sekolah Rujukan Google.Dengan adanya penghargaan tersebut membuktikan bahwa peran serta kepala sekolah dan guru dalam mengawal digitalisasi pembelajaran untuk siswa memang benar - benar terlaksana.Harapan kedepan semoga satuan pendidikan lain bisa meniru dan melaksanakan apa yang sudah berjalan di SMP N 1 Sukasada.


Semangat bertransformasi secara digital dalam manajemen sekolah dan manajemen pembelajaran menjadi pilihan paling efektif untuk mengoptimalkan keberpihakan pada murid di era saat ini. Produktivitas yang cepat dalam pengelolaan sekolah berbasis data juga harus diimbangi dengan kompetensi sumber daya manusianya yang mumpuni.


Seperti cerita dari Kepala SMP N 1 Sukasada, Ni Ketut Liesvi Ismawantini, S.Pd.,M.Pd bersama Putu Yudi Darmawan selaku Guru menyampaikan bahwa sebagai salah satu penerima bantuan TIK berupa Chromebook  berhasil mengoptimalkannya berbarengan dengan aktivasi serta penggunaan akun Belajar.Id secara berkelanjutan.


Sebanyak 153 Chromebook digunakan sebagai sarana pembelajaran melalui Program "Transchromers", sebuah gerakan transformasi pembelajaran menggunakan Chromebook dan akun Belajar.Id.


Hasilnya pada Februari 2024, SMP Negeri 1 Sukasada berhasil menjadi yang pertama di Bali sebagai Kandidat Sekolah Rujukan Google. Bukan hal yang mudah karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti pemanfaatan Chromebook dalam pembelajaran, penggunaan alat-alat Google yang optimal oleh guru dan murid, serta memenuhi 25% guru di sekolah sudah menyandang predikat Google Certified Educator Level 1 (GCE L1).Dengan predikat ini, SMP Negeri 1 Sukasada didorong untuk menjadi salah satu aktor praktik baik dalam hal digitalisasi sekolah di Kabupaten Buleleng. Muara dari semua hal tersebut adalah peningkatan kualitas pembelajaran yang lebih berpihak kepada murid