(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

DISDIKPORA AKAN IMPLEMENTASI HASIL PLENO RAKORDIKPORA PADA RENCANA KERJA 2025

Admin disdikpora | 03 April 2024 | 1123 kali

DISDIKPORA AKAN  IMPLEMENTASI HASIL PLENO RAKORDIKPORA PADA RENCANA KERJA 2025


Singaraja, Rabu 3 April 2024 l DISDIKTODAY

Di hari terakhir pelaksanaan Rakordikpora , Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd. M.M., berkesempatan memaparkan kondisi Pendidikan, Kepemudaan dan Keolahragaan di Kabupaten Buleleng.


Dari sampaian Kadis Astika, sampai saat ini Disdikpora Kabupaten Buleleng telah melakukan kemitraan dengan berbagai pihak diantaranya BPMP, PGRI Buleleng, IGI Buleleng,  BGP Bali, Putera Sampoerna Foundation, PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan Google Master Trainer.


Untuk urusan pendidikan Kemendikbudristek  telah meluncurkan merdeka belajar sampai dengan 26 episode.Namun untuk implementasi merdeka belajar di Kabupaten Buleleng tidak semua dilaksanakan, karena menang ada beberapa episode tersebut bukan kewenangan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.


Terkait hal tersebut, implementasi program kebijakan dari Kemendikbudristek yang telah terlaksana di Kabupaten Buleleng diantaranya Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, kurikulum merdeka belajar, Platform Merdeka Mengajar, Pemanfaatan Chromebook.


Lebih lanjut dalam kesempatan ini juga dijelaskan tentang Rapor Pendidikan terkait indeks pencapaian SPM pendidikan Kabupaten Buleleng menyangkut kemampuan literasi, kemampuan Numerasi, Angka Partisipasi Sekolah dan lain sebagainya. Upaya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan Nilai Numerasi yakni telah di laksanakan pembentukan trainer guru terkait dengan metode Gasing.


Disisi lain, untuk kepemudaan dan keolahragaan juga ditampilkan beberapa prestasi ya g telah dicapai ditahun 2023. Setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari para pejabat lingkup kerja Disdikpora Kabupaten Buleleng,  Inspektorat Kabupaten Buleleng, Bappeda Kabupaten Buleleng, Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, Dinas Perbuhungan Kabupaten Buleleng dan KONI Kabupaten Buleleng.


Sementara itu, Sekretaris Disdikpora Kabupaten Buleleng sekaligus sebagai ketua panitia Ida Bagus Gde Surya Bharata, S.Pd., M.A.P., membacakan hasil rapat pleno terkait pelaksanaan Rakordikpora selama dua hari dan selanjutnya diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.


Lebih lanjut, saat menutup kegiatan secara resmi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd., M.M., sesuai dengan hasil rapat pleno akan diimplementasikan pada rencana kerja di tahun 2025.


Perlu diketahui bersama di hari terakhir kegiatan ini diikuti dari Kepala PAUD, SD, SMP Negeri dan Swasta kecamatan Buleleng, Gerokgak, Seririt dan Kubutambahan serta kepala Kepala SPNF SKB dan PKBM se-Kabupaten Buleleng.