(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENDAMPINGAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DALAM PEMENUHAN INDIKATOR KINERJA URUSAN PENDIDIKAN

Admin disdikpora | 23 Agustus 2023 | 1075 kali

PENDAMPINGAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DALAM PEMENUHAN INDIKATOR KINERJA URUSAN PENDIDIKAN


Lovina, Rabu 23 Agustus 2023 | DISDIKTODAY

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M., menghadiri kegiatan Pendampingan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Pemenuhan Indikator Kinerja Urusan Pendidikan yang digelar Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bali bertempat di Hotel Banyualit Spa & resort, Rabu, (23/8/23).



Laporan kegiatan dari Kepala BPMP Provinsi Bali disampaikan oleh Ni Putu Budi Riniati,  S.Pd., M.Pd. selakuJabatan, Kapokja Komunikasi,  Kemitraan, dan Pemberdayaan menjelaskan bahwa Kemendikbudristek juga telah meluncurkan Rapor Pendidikan Daerah 2.0 pada 5 Juli 2023 yang merupakan penyempurnaan versi sebelumnya untuk membantu pemerintah daerah dalam melakukan perumusan kegiatan dan anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan.


Bagi pemerintah daerah, Rapor Pendidikan yang dihadirkan telah diselaraskan untuk penerapan SPM Pendidikan. Oleh karena itu, pasca perilisan Rapor Pendidikan tersebut diperlukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan di daerah untuk mengoptimalkan pemanfaatannya untuk perencanaan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota tahun 2024.



Sementara itu, Kegiatan dibuka secara resmi Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos., M.A.P menyampaikan bahwa Pembangunan Daerah  pada Sektor Pendidikan tertuang pada tujuan yang pertama dari 8 Tujuan, yaitu “Terwujudnya Sumber Daya Manusia Unggul dan Kompetitif” dengan Sasaran ”Meningkatnya Kualitas Pendidikan Masyarakat”, dan Strateginya “Peningkatan Aksesibilitas dan Kualitas  Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Kesetaraan”, serta Arah Kebijakannya  “Pemenuhan Layanan Pendidikan Merata dan Berkualitas”.


Disisi lain, Kepala Disdikpora  Astika  mengungkapkan bahwa hari ini saya menghadiri kegiatan pendampingan perencanaan Pendidikan di Kabupaten Buleleng dengan mengundang pihak-pihak terkait diantaranya, Bappeda, BPKPD, BKPSDM,Pejabat lingkup kerja Disdikpora Buleleng,  Dewan Pendidikan, Admin Markas, Ketua KKG/KKKS/MKKS, Pengawas/Penilik PAUD, Pengawas SD, Pengawas serta stakeholder Pemangku Kepentingan Pendidikan yang ada di Buleleng.


 .”Dari segi pemenuhan SPM tentu untuk perencanaan Pendidikan di Buleleng harus mendapatkan pendampingan.Pendampingan ini dilakukan oleh BPMP Provinsi bali tentu dengan acuan pemenuhan SPM Kabupaten/Kota juga pemenuhan SPM di Satuan-satuan Pendidikan dengan ukuran  idikator Kinerja Utama (IKU) dari SPM yang telah ada.Sementara itu untuk di Sekolah namnaya raport Pendidikan yang nantinya akan dibarengi dengan proses pengembangan, perencanan berbasis data serta di bulan depan akan diadakan secara Nasional di Surabaya dan kita berharap bisa mewujudkan tujuan Pendidikan guna melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas” pungkasnya.