(0362) 22442
disdik@bulelengkab.go.id
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LIGHTHOUSE SCHOOL PROGRAM DALAM MEMBANGUN LIGKUNGAN BELAJAR YANG BERKESINAMBUNGAN

Admin disdikpora | 15 November 2021 | 320 kali

PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LIGHTHOUSE SCHOOL PROGRAM DALAM MEMBANGUN LIGKUNGAN BELAJAR YANG BERKESINAMBUNGAN


Guru memegang peran kunci dalam praktik pendidikan di sekolah yang menentukan kualitas pendidikan. Selain itu guru dengan kepribadian dan kompetensi yang sesuai akan mendukung terciptanya 

suasana belajar yang baik dan mendorong siswanya untuk aktif berprestasi dan menjadikan mereka pribadi yang baik.   Sejalan dengan fakta ini, maka guru lebih jauh diharapkan kompeten tidak hanya dalam menghadirkan pembelajaran yang optimal namun juga mempu menghasilkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Akan tetapi, faktanya juga guru belum memiliki kompetensi yang cukup dalam hal melaksanakannya. Dalam hal ini dibutuhkan lingkungan belajar bagi guru yang kondusif yang mengizinkan guru untuk saling belajar dan mengembangkan diri yang dimulai dari lingkungan internal sekolah.  


SMPN 8 Singaraja, sebuah sekolah di Buleleng yang sejak tahun 2020 mengimplementasi Lighthouse School Program. Salah satu elemen yang dikebangkan adalah budaya belajar yang kondusif bagi warga 

sekolah termasuk para guru. Salah satu area pengembangan yang diintervensi adalah pembetukan budaya kolaborasi dan kolegalitas antar guru.  Selama kurun waktu satu tahun, melalui LSP, SMPN 8 Singaraja mendapatkan pembekalan berupa workshop, penyusunan Program Kerja, penyusunan program monitoring yang dilakukan melalui pengelolaan GCR masing-masing MGMPS sebagai portfolio digital masing-masing MGMPS. 



Hal ini telah memberikan dampak pada pemerataan kompetensi guru yang ada di SMPN 8 Singaraja.Praktik - praktik baik yang dilakukan oleh para guru dapat didistribusikan pada guru lain melalui kegiatan peer coaching ditambah lagi dengan dilaksanakannya budaya praktik reflektif di SMPN 8 Singaraja yang menjadi kunci kesuksesan terbentuknya budaya kolaborasi dan kolegalitas.  Sebagai wujud nyata dari budaya tersebut, kini sekolah memiliki MGMPS pada sembilan mata pelajaran.


Pada kegiatan di MGMP masing-masing mata pelajaran, para guru secara kolaboratif merancang pembelajaran yang efektif serta mencari solusi atas tantangan yang dihadapi di kelas masing-masing. Para guru juga menciptakan alat bantu ajar berupa video-video pelajaran yang di unggah pada kanal youtube sekolah. Saat ini video tersebut telah dinikmati oleh oleh lebih dari 500 pengguna yang sebagian besar  merupakan siswa/I SMPN 8 Singaraja.


Lighthouse School merupakan suatu program peningkatan kualitas sekolah secara holistik dan intensif untuk mewujudkan sistem manajemen sekolah yang akuntabel, didukung oleh guru-guru berkualitas,terutama pada bidang STEM & Bahasa Inggris dengan menerapkan praktek terbaik pembelajaran internasional. Program ini bertujuan untuk membentuk sekolah model yang efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, yang mencapai/ melampaui Standar Nasional Pendidikan sehingga dapat menjadi referensi bagi sekolah lainnya.  


Dengan ditanamkannya kultur-kultur kolaborasi di sekolah, diharapkan akan menumbuhkan rasa kebersamaan dalam pengembangan kompetensi dikalangan guru tidak hanya di SMPN 8 Singaraja, namun  dapat diimbaskan pada guru-guru lain disekitarnya, sehingga dapat mendorong pemerataan guru berkualitas khususnya di wilayah Buleleng. (PRESS RELEASE)